Kerugian Akibat Angin Kencang di Blitar Capai Rp 830 Juta

  • 22-02-2020 / 10:07 WIB
  • Kategori:Nasional
Kerugian Akibat Angin Kencang di Blitar Capai Rp 830 Juta Kerusakan akibat angin kencang di Blitar (Foto: Erliana Riady/File)

Malangpostonline.com  -  Kesbangpol dan Penanggulangan Bencana Daerah (PBD) Pemkot Blitar telah mendata sejumlah kerusakan akibat terjangan angin kencang pada Jumat (21/2). Banyak pohon tumbang menimpa rumah, kendaraan dan memutuskan kabel listrik telepon dan PJU.

Total kerugian terdampak di wilayah kota dan kabupaten ditafsir mencapai Rp 830 juta.

Di Kecamatan Sananwetan, terdata puluhan pohon tumbang mengakibatkan beberapa bangunan tertimpa. Yakni 3 rumah, satu kios, dan satu ruang kelas. Pohon yang tumbang juga memutuskan kabel listrik, telepon dan PJU dengan kerugian ditafsir sekitar Rp 350 juta. Proses assesment selama 6 jam, membuat arus lalu lintas macet di sepanjang Jalan Bali sampai Jalan Kenari.

Sedangkan di Kecamatan Sukorejo, puluhan pohon tumbang menimpa satu rumah, 1 motor, dua warung dan merobohkan beberapa pagar. Kabel listrik, telepon dan PJU juga putus sehingga tingkat kerugian ditaksir mencapai Rp 150 juta.

Sementara di Kecamatan Kepanjenkidul terdata pohon-pohon yang tumbang menimpa satu rumah, satu motor, dua mobil, dua warung dan beberapa pagar roboh. Kemacetan selama satu jam terjadi ketika proses assesment berlangsung. Kerugian yang ditafsir mencapai Rp 250 juta.

"Hasil rekap awal per 07.00 WIB (22/02/2020), total pohon tumbang ada 73 titik. Sisanya dahan patah. Untuk sekolah terdampak 1 sekolah, rumah warga 5 rusak sedang bagian atap. Fasum terdampak 2 lokasi, sepeda motor 2 unit, mobil 2 Unit korban luka ringan 1 personil. Kerugian akibat kerusakan ini ditafsir mencapai Rp 800 juta," ujar Kepala Kesbangpol PBD Pemkot Blitar, Hakim Kisworo dikonfirmasi detikcom, Sabtu (22/2/2020).

Angin kencang disertai hujan deras ternyata juga berdampak di wilayah Kabupaten Blitar. Polres Blitar mendata, dua rumah warga di Desa Kuningan Kecamatan Kanigoro mengalami rusak parah akibat tertimpa pohon yang roboh. Sebuah tiang listrik roboh di halaman TK Aisyah Kuningan, tidak sampai merusak bangunan sekolah.

"Kerusakan kedua rumah di Desa Kuningan itu estimasi kerugiannya mencapai Rp 30 juta. Saat ini kami bersama TNI, tagana dan BPBD Kabupaten Blitar masih meneruskan assesment untuk membersihkan dahan agar tidak menghalangi jalan," kata Kapolres Blitar AKBP Ahmad Fanani.(iwd/iwd/dtk/bua)

 

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

Editor : bua
Uploader : MG
Penulis : DTK
Fotografer : DTK

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU