Sertijab Gubernur Jatim Tanpa Dihadiri Gus Ipul

  • 18-02-2019 / 17:51 WIB
  • Kategori:Pemerintahan
Sertijab Gubernur Jatim Tanpa Dihadiri Gus Ipul SILAHTURAHMI: Khofifah bercengkerama dengan Bude Karwo disaksikan Pakde Karwo sebelum acara sertijab di Gedung DPRD Jatim. (HARY SANTOSO/MPonline)

SURABAYA – Setelah resmi dilantik Presiden Jokowi, 13 Pebruari lalu, Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak, untuk kali pertama menapakkan kakinya di Gedung DPRD Jatim.

Senin siang, keduanya hadir untuk acara serah terima jabatan (sertijab) Gubernur Jatim masa jabatan 2019-2024. Jika Khofifah didampingi Emil Dardak, sebaliknya Soekarwo. Gubernur yang memerintah Jatim selama 10 tahun itu tidak didampingi Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

Tidak ada keterangan resmi tentang ketidakhadiran Gus Ipul. Kendati begitu acara seritjab tetap berlangsung lancar, yang dikemas dalam Rapat Paripurna DPRD Jatim.

Dalam paparannya, Khofifah memaparkan visi dan misi untuk Jatim di hadapan Pimpinan dan Anggota DPRD Jatim.

“Hari ini kita menyampaikan visi misi di breakdown dalam Nawa Bhakti Satya. Pasti ini banyak hal yang harus dikomunikasikan dan disinkronisasikan dengan draft pada kerangka teknokratiknya pemprov,” ujar orang nomor satu di Jatim ini.

Adapun visi yang diangkat yakni “Terwujudnya Masyarakat Jawa Timur yang Adil, Sejahtera, Unggul dan Berakhlak dengan Tata Kelola Pemerintahan yang Partisipatoris Inklusif melalui Kerja Bersama dan Semangat Gotong Royong”.

Pada kesempatan yang sama, Khofifah menyampaikan bahwa Jatim menjadi satu-satunya provinsi di Indonesia yang masih diijinkan Mendagri tetap ada Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil).

Tujuannya untuk pendekatan pembangunan kewilayahan. Pendekatan tersebut menjadi penting untuk bisa mengukur keadilan akses dan layanan. Karena itu, penguatan Bakorwil dinilai sangat penting.

‘’Misalkan mendekatkan layanan UKM dan IKM. Mereka butuh ijin ke POM lebih cepat dan terukur. Kalau ke Surabaya, misalkan dari Pacitan yang ujung, Jember ujung, Sumenep Kepulauan menjadi jauh,’’ katanya. (has)

 

Editor : Hary Santoso
Uploader : HAS
Penulis : HAS
Fotografer :

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU