Jangan 'Salah Kamar', Ini Warning Khofifah ke OPD

  • 25-02-2019 / 12:23 WIB
  • Kategori:Pemerintahan
Jangan 'Salah Kamar', Ini Warning Khofifah ke OPD INGATKAN OPD: Khofifah, Wagub Emil Dardak dan Sekdaprov Heru Tjahyono usai apel pagi pertama dengan staf dan karyawan Pemprov Jatim. (HARY SANTOSO/MPonline)

SURABAYA – Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa minta semua Kepala OPD (Organiasi Perangkat Daerah) memelototi kemampuan anak buahnya. Jangan sampai ada staf memiliki kemampuan lebih, tetapi tidak bisa maksimal gara-gara ‘salah kamar’.

Warning di atas diungkapkan Khofifah saat menggelar apel di halaman Kantor Gubernuran Jatim, Senin pagi. Tidak hanya para OPD saja, seluruh staf sekretariat Pemprov Jatim juga mendengar dan mengetahui perintah ini.

‘’Tolong diidentifikasi. Beri kesempatan, beri ruang untuk mengekspresikan seluruh energi positif staf. Kalau tidak nanti stagnan,,’’ pintah Gubernur Khofifah.

Disebutkan dia, dirinya ingin identifikasikan kemampuan dan potensi maksimal dari staf untuk berkarya di OPD. Harapannya dapat mempercepat capaian program Cettar. ‘’Dan ini tugasnya Sekda juga untuk mengidentifikasi,’’ katanya.

Dijelaskan, ada empat kategori staf yang perlu diidentifikasi. Pertama staf yang sadar mempunyai kemampuan, kecerdasan dan kelebihan. Mereka harus dieksplor jangan sampai berhenti.

Kedua, staf yang mengetahui tidak mampu, tetapi terus mencari tahu kemampuannya. Kalau staf mengetahui tidak mampu, maka mereka akan terus mencari tahu.

‘’Saya rasa banyak sosok yang jadi pembelajar. Yang seperti ini tolong pimpinan OPD memberi ruang bagi mereka,” katanya.

Ketiga, staf yang tidak mengetahui akan kemampuannya. Keempat, yakni staf yang tidak mengetahui dan tidak memiliki kemampuan. Untuk itu, perlu diidentifikasi oleh pimpinannya.

“Kalau ada dalam masing-masing bagian, terdeteksi staf tidak mengetahui bahwa mereka tidak mampu. Ambil mereka, dekati mereka, beri motivasi mereka agar mereka bisa berekspresi,” pungkasnya. (has)

 

 

Editor : Hary Santoso
Uploader : slatem
Penulis : HAS
Fotografer :

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU