Kapolres Malang Keluarkan 12 Perintah Agar Pilkada Aman

  • 22-06-2018 / 12:55 WIB
  • Kategori:Pilkada
Kapolres Malang Keluarkan 12 Perintah Agar Pilkada Aman Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung.(ist/MP)

MALANG- Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung S.H., S.I.K., M.Si mengingatkan anggotanya untuk lebih waspada dalam Pilkada. Sebab, tingkat kerawanan cukup tinggi.

Dalam waktu yang singkat tersebut, diharapkan personel Polres Malang mampu melakukan penggalangan dengan potensi yang ada dalam masyarakat sesuai peta kerawanan wilayahnya.

Ini dikatakannya saat memimpin apel kesiapan dan pengecekan personel pengamanan TPS  Pilkada, Jumat (22/6) pagi di lapangan Satya Haprabu Polres Malang. Berikut 12 perintah yang harus dijalankan anak buahnya:

1. Segera lakukan cek lokasi TPS dan kenali  KPPS dan Linmas di setiap TPS yang menjadi tugas dan tanggung jawab anggota.

2. Catat nomor hape mereka dan berikan nomor anggota agar mudah komunikasi apabila terjadi hal-hal yang emergency.

3. Lakukan silaturahmi dngan tokoh-tokoh tiga pilar, tokoh agama, tokoh masyarakat di lingkungan TPS, dan lakukan penggalangan agar berpartisipasi dalam pilkada serta mampu menciptakan pilkada damai dengan Polri.

4. Beri arahan kepada para linmas yang akan berjaga di TPS,  dengan jelas dan tegas agar mereka mengerti dan faham tentang apa saja yang harus mereka lakukan apabila ada gangguan di sekitar TPS.

5. Jaga netralitas Polri dan jangan sampai menjadi pemicu timbulnya konflik.

6. Lakukan pengecekan terhadap logistik pemilu dan pastikan aman, dan libatkan semua pihak untuk menjaga  bersama-sama.

7. Lakukan pengecekan terhadap kesiapan TPS, kondisi sarana prasarana yang akan digunakan serta sarana transpotasi yang akan digunakan untuk mengangkut kotak dan surat suara.

8. Petugas Polri dilarang masuk  ke dalam TPS kecuali diminta oleh KPPS atau terjadi tindak pidana yang harus dilakukan tindakan hukum oleh Polri.

9. Petugas Polri dilarang membantu penghitungan, pencatatan, menjadi saksi  dan lainnya yang terkait dengan pelaksanaan pemungutan di TPS.

10. Laporkan segera ke pimpinan secara berjenjang jika terjadi hal-hal yang bersifat emergency  agar segera mendapatkan penanganan sesuai prosesdur serta lakukan dokumentasi sebagai bahan penanganan selanjutnya.

11. Minta petunjuk kepada Kapolsek atau perwira pengendali di wilayah masing-masing jika ada sesuatu yang belum jelas atau ragu-ragu agar semua permasalahan agar segera dapat teratasi degan baik.

12. Kepada para PJU, Kapolsek dan Padal agar betul-betul turun langsung ke wilayah masing-masing serta berkoordinasi dengan unsur tiga pilar maupun tokoh agama dan masyarakat sehingga mampu mengetahui perkembangan situasi yang akan terjadi dan mampu memberi solusi apabila ada kendala  yang dihadapi anggota di lapangan atau TPS. (mar)

Editor : mar
Uploader : slatem
Penulis :
Fotografer :

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU