Adopsi Go Green untuk Kampung di Kota Malang

  • 24-06-2018 / 12:10 WIB
  • Kategori:Pilkada
Adopsi Go Green untuk Kampung di Kota Malang BLUSUKAN: Calon Wakil Wali Kota Malang nomor urut 1, H Wanedi blusukan ke Kampung Glintung Go Green (3G) untuk melihat dari dekat inovasi yang dilakukan di Kampung 3G itu. (Guest Gesang/Malang Post)

MALANG- Hari terakhir masa kampanye, Sabtu (23/6) kemarin, dimanfaatkan Calon Wakil Wali Kota Malang nomor urut 1, H Wanedi. Ia mengunjungi Kampung Glintung Go Green (3G) dan siap membawa konsep Go Green untuk diterapkan di seluruh kampung yang ada di Kota Malang.

Hal ini disampaikan Wanedi usai melihat seluk beluk Kampung Glintung yang dulunya menjadi salah satu kampung langganan banjir.

“Katakan saja ini kontrak politik saya. Kalau nanti saya terpilih tidak hanya Kampung Glintung saja yang bisa internasional. Semua kampung di Kota Malang akan kita Go Green kan. Jadinya Kota Malang Go Green,” tegas Wanedi di sela kunjungannya.

Ia melanjutkan konsep sumur resapan, sentra industri yang berkembang sampai konsep sanksi yang diterapkan warga Glintung akan diadopsi. Dia akan membentuk program tersebut untuk dapat diterapkan di seluruh Kota Malang.

Pria yang juga pendiri Asosiasi Pengusaha Jasa Konstruksi (Aspekindo) Kota Malang ini menjelaskan, potensi kampung lain yang ada di Kota Malang akan ditingkatkan lebih.

“Tidak hanya kampung go green ini saja. Kita tahu ada kampung pintar, lalu kampung terapi. Konsepnya kan sama dengan Glintung. Dimana inisiasi dari RT atau RW lalu secara sistematis warga juga bergerak untuk maju, ini akan kami dukung,” terangnya.

Kader PDI Perjuangan Kota Malang ini menyampaikan, ia sangat menyayangkan adanya fakta bahwa inisiator Kampung 3G Bambang Irianto sering pergi ke luar Kota Malang. Untuk memberikan pembelajaran kepada warga kota lain, sedangkan di Kota Malang tidak sepenuhnya.

Hal ini dikatakannya sebab, inisiator Kampung 3D Bambang Irianto sempat menjelaskan jika Pemkot Malang masih belum menggalakkan program membangun kampung dengan sumur resapan dan konsep ekologi secara sistematis.

“Mungkin nunggu wakil walikotanya saya baru bisa ya,” ungkap Wanedi sambil tertawa kecil.

Meski begitu Wanedi mengapresiasi betul keberadaan Kampung 3G beserta seluruh warganya yang bergerak. Hal ini menjadi inspirasinya untuk berbuat lebih dan menelurkan ide kreatif lainnya untuk mengajak warga kampung di Kota Malang mengeluarkan potensi masing-masing wilayah.

Sementara itu Bambang Irianto, inisiator Kampung 3G pun mengungkapkan apresiasinya pada Wanedi. Ia menyebut Wanedi sebagai adik seperjuangan dan mengaku terkesima dengan ide-ide yang disampaikannya.

“Di Tanggerang saya mentraining hampir seluruh perwakilan kecamatan yang ada agar konsep Kampung Glintung bisa diterapkan disana. Itu yang support adalah pemdanya. Kalau Kota Malang masih belum. Semoga bisa terwujud ketika adik saya ini (Wanedi,red) menang,” tegas Bambang.

Ia pun mengaku akan memegang janji yang dilontarkan Wanedi untuk mendukung lebih konsep Go Green Kampung Glintung,  untuk dapat diterapkan secara massif di Kota Malang. (ica/aim)

Editor : aim
Uploader : irawan
Penulis :
Fotografer :

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU