Surat Suara Dikirim ke Kecamatan

  • 25-06-2018 / 11:07 WIB
  • Kategori:Pilkada
Surat Suara Dikirim ke Kecamatan LOGISTIK: Proses setting surat suara dan logistik Pilkada Kota Malang di Kecamatan Klojen, kemarin. (M Firman/Malang Post)

MALANG - Sebanyak 616.338 surat suara telah terdistribusi ke semua kecamatan di Kota Malang kemarin. Pendistribusian surat suara dilakukan dengan pengawalan ketat oleh aparat keamanan.

Komisioner KPU Kota Malang Ashari Husen menjelaskan pendistribusian surat suara telah dilakukan dan sudah sesuai prosedur maupun jadwal. “Semua hari ini (kemarin,red) dikirim ke kecamatan atau PPK sejak pagi,” ungkap komisioner yang membidangi divisi SDM dan Parmas KPU Kota Malang ini.

Ia menjelaskan jumlah surat suara yang terdistribusi tersebut juga telah meliputi 2,5 persen kebutuhan surat suara cadangan. Ini sesuai yang diperlukan di tiap TPS di seluruh Kota Malang.

Ashari menjabarkan untuk Kecamatan Klojen total kebutuhan surat suara yang terdistribusi sebanyak 77.519 lembar, Kecamatan Blimbing ada sebanyak 133.937 surat suara, Kedungkandang terdapat 141.223 surat suara terdistribusi. Sementara itu di Kecamatan Sukun didistribusikan sebanyak 146.155 surat suara. Terakhir di Kecamatan Lowokwaru terdistribusikan 117. 504 surat suara.

“Sesampainya di kecamatan, akan kembali dihitung kelengkapan surat suaranya. Petugas juga menyetting logistik yang ada dalam kotak suara,” jelas Ashari.

Sementara itu, di Kantor Kecamatan Klojen kemarin, seluruh petugas PPK bersama petugas sekretariat kecamatan dan PPK Klojen langsung bekerja menyeting kebutuhan logistik yang baru datang dari KPU. Yakni menghitung kebutuhan surat suara.

Ketua PPK Klojen, Muchamad Soleh menjelaskan penyetingan logistik tersebur harus tuntas dalam sehari.  “Harus selesai setting semua dan hitung surat suara hari ini (kemarin,red) selesai. Karena besok (hari ini,red) harus sudah lanjut distribusi ke PPS di tingkat kelurahan,” tutur pria yang akrab disapa Soleh ini kepada Malang Post.

Salah satu hal yang sangat diperhatikan di tingkat kecamatan, menurut Soleh adalah penghitungan surat suara. Apakah kurang atau berlebih hal tersebut harus dilaporkan segera agar ditindaklanjuti sebelum nanti logistik kembali bergerak.

Ia menyampaikan pula, dalam proses tersebut, PPK Kecamatan Klojen sempat mendapati adanya kekurangan surat suara di Kelurahan Penanggungan sebanyak delapan surat suara. Akan tetapi, saat di cek kembali di Kelurahan Kasin terdapat kelebihan. 

 “Nah ini biasa terjadi. Jadi yang kurang tadi diambil dari kelebihan di kelurahan lain. Jadi tidak sampai meminta ke KPU lagi. Dan sampai saat ini tidak ada kekurangan surat suara lagi,” tandas Soleh. (ica/van)

Editor : bua
Uploader : buari
Penulis :
Fotografer :

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU