Daftar Caleg, Harus Melalui Online

  • 06-06-2018 / 10:31 WIB
  • Kategori:Politik
Daftar Caleg, Harus Melalui Online SOSIALISASI: Anggota KPU Kota Malang melakukan sosialisasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon) sebagai portal pendaftaran Calon Legislatif (Caleg) tahun ini. (Ipunk Purwanto/Malang Post)

MALANG- Seperti calon siswa yang akan mendaftar sebagai siswa baru, warga yang ingin menjadi calon legislatif pun harus mendaftar seperti masuk sekolah, yakni lewat sistem online. Hal ini ditegaskan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang, berkaitan dengan Sistem Informasi Pencalonan (Silon) sebagai portal pendaftaran Calon Legislatif (Caleg) tahun ini.

Ketua KPU Kota Malang, Zaenuddin ST MAP menjelaskan, Silon merupakan mekanisme baru yang harus ditaati dan diikuti siapapun yang tertarik mendaftar diri sebagai Caleg Kota Malang tahun ini.

“Silon dimaksudkan untuk mempermudah pengecekan adanya kegandaan data. Karena KPU tidak mungkin melakukannya (pemeriksaan) secara manual oleh karenanya KPU membangun sistem informasi pencalonan untuk mendeteksi kegandaan," ungkap Zaenuddin dalam Sosialisasi Pencalonan Legislatif Dalam Rangka Pemilu Tahun 2019 di Hotel Savana, kemarin.

Ia melanjutkan melalui Silon juga, masyarakat akan mendapatkan informasi terkait data caleg yang akan dipilih. Salah satu data yang akan ditampilkan dalam Silon yaitu foto, pengalaman organisasi, riwayat pendidikan hingga harta kekayaan.

Nantinya KPU akan mencocokan data yang diisi dalam Silon dan dokumen yang diserahkan langsung ke KPU. Ia juga berharap nantinya pendaftaran tidak dilakukan diakhir masa pendaftaran berkaitan dengan berkas pencalonan yang akan diperiksa dan bisa jadi dikembalikan di masa perbaikan.

Waktu pengisian Silon ini dapat dilakukan 30 hari sampai selesainya masa pendaftaran caleg, yaitu pada 18 Juni hingga 17 Juli 2018. “Sedangkan masa pendaftaran sudah dimulai pada 4 sampai 17 Juli 2018,” terangnya.

Selain itu, Silon akan menjadi sistem yang lebih detail terkait pemenuhan persyaratan lainnya. Seperti memvalidasi keterpenuhan syarat 30 persen perempuan dan penempatannya di setiap dapil sesuai ketentuan. Lalu, parpol dapat memvalidasi keterpenuhan syarat calon sehingga tidak ada calon ganda baik ganda antara parpol, antara dapil, dan antara lembaga perwakilan. Silon juga bisa membuat DPP parpol dapat memantau proses pencalonan yang dilakukan DPW/DPC.

"Misalnya, waktu pengajuan bakal calon, jumlah bakal calon yang diajukan DPW/DPC dan status bakal calon yang diajukan," tegasnya.

Maka dari itu KPU mengimbau 16 parpol yang ada di Kota Malang untuk segera menunjuk Lo masing-masing. Yang nantinya akan bertugas sebagai operator parpol masing-masing untuk melakukan entry data bacaleg dan mengunggah dokumen bacaleg ke dalam silon. (ica/udi)

Editor : bua
Uploader : buari
Penulis :
Fotografer :

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU