Koalisi Demokrat-Gerindra Disebut Bisa Jadi Batu Sandungan Jokowi

  • 31-07-2018 / 16:26 WIB
  • Kategori:Politik
Koalisi Demokrat-Gerindra Disebut Bisa Jadi Batu Sandungan Jokowi Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyatakan dukungan untuk Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Senin (30/7). (Dery Ridwansah/jp

JAKARTA- Peta kontestasi 2019 makin jelas. Partai Demokrat yang selama ini belum menentukan arah, baru-baru ini secara terbuka mendeklarasikan diri bergabung dengan partai pendukung Prabowo Subianto.

Melihat dinamika yang berkembang, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD melihat keputusan Demokrat berkoalisi dengan Gerindra bisa menjadi batu sandungan bagi Joko Widodo (Jokowi). Meski begitu, lanjutnya, pengaruh koalisi Demokrat-Gerindra tidak akan begitu signifikan.

"Bisa juga mungkin (jadi batu sandungan). Saya tidak tahu, meskipun tidak mempengaruhi jumlah koalisi yang ada di Pak Jokowi, sehingga mungkin sandunganya tidak terlalu banyak," katanya, Selasa (31/7).

Lebih lanjut Mahfud menilai, meski Demokrat merapat ke kubu Gerindra, namun koalisi Jokowi masih lebih unggul. Hal tersebut berdasarkan pengamatannya dari sejumlah survei yang dilakukan sejumlah lembaga.

"Ya kalau berdasarkan survei (lembaga) besar), kan koalisi Pak Jokowi itu 61 persen. Artinya dari sudut itu sudah menang," ucapnya.

Di sisi lain, tingkat keterpilihan Jokowi disebutnya juga masih di atas 50 persen. Menurutnya, pastilah hal itu menjadi catatan tersendiri bagi kubu penantang yang ingin mengalahkan petahana.

Kendati begitu, Mahfud menyadari, situasi politik masih begitu cair dan segala kemungkinan masih bisa terjadi. Sehingga, masing-masing pihak, baik penantang maupun petahana harus tetap serius menatap persaingan 2019.

"Kemudian hasil surveinya, keterpilihan Jokowi kan 58 persen. Yang lain itu terpecah ke 17 persen, 19 persen. Kan masih jauh. Tetapi itu semua bisa terjadi. Semua berhati-hati. Yang terpenting pemilu ini berjalan aman," pungkasnya.(sat/JPC/bua)

Editor : bua
Uploader : buari
Penulis :
Fotografer :

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU