Ada Pistol Lain yang Menembak Ruangan Anak Buah Prabowo?

  • 16-10-2018 / 14:31 WIB
  • Kategori:Politik
Ada Pistol Lain yang Menembak Ruangan Anak Buah Prabowo? Glock 17, disebut senjata yang diduga menembak ruangan kerja milik Anggota Fraksi Gerindra di gedung Nusantara 1, Komplek Parlemen, Senayan. (us.glock.com/JPC)

JAKARTA- Peristiwa penembahakan terjadi di dua ruang kerja anggota dewan. Tepatnya di Gedung Nusantara I DPR, pada Senin (15/10) sekira 14.35 WIB membuat geger masyarakat Indonesia.

Ruangan yang disasar oleh peluru tersebut adalah ruang kerja milik Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Gerindra Wenny Warouw di lantai 16. Sedangkan peluru lain ke ruangan Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Golkar Bambang Heri Purnama di lantai 13.

Anggota Fraksi Gerindra Wenny Waraou ruangan kerjanya menjadi sasaran tembak dari anggota Perbakin Tangsel berinisial I. (ManadpoPost/JawaPos.com)

Sementara Kadiv Humas Mabes Polri yang juga merupakan Ketua Persatuan Penembak Indonesia (Perbakin) DKI Jakarta Setyo Wasisto mengatakan, adanya penembahakan ke dua ruang anggota dewan ini berdasarkan laporan sementara dari peluru nyasar, dari seorang anggota Perbakin Tangsesl saat berlatih di Lapangan Tembak, yang tidak jauh dari Gedung DPR.

"Iya memang itu sering digunakan untuk latihan Perbakin (Lapangan Tembak ini)," ujar Setyo di Gedung DPR, Jakarta, Senin (15/10).

Menurut Setyo, peluru nyasar ini berasal dari salah satu anggota Perbakin dari Tangerang Selatan dengan inisial I. ‎Peluru yang ditemukan juga memiliki diameter 9 milimeter.

JawaPos.com pun coba mengungkur jarak dari Lapangan Tembak ke Gedung Nusantara I DPR. Lewat Google Maps, lapangan tembak itu bernama Shoting Range Perbakin. Kemudian jarak antara Lapangan Tembak dengan Gedung Nusantara I DPR sekira 400 meter. Dari pantauan Goggle Maps lokasi dua tempat tersebut sangatah berdekatan.

Sementara berdasar informasi yang dikumpulkan dari berbagai rujukan. Gedung Nusantara I DPR atau Lokawarasabha memiliki tinggi sekira 100 meter dengan memiliki sebanyak 24 lantai. Gedung yang paling dekat dengan lapangan tembak.

Di Gedung Nusantara I DPR itu juga terdapat sejumlah ruangan komisi. Diantaranya adalah Komisi VI, VII, IX, X dan XI. Sementara lantai dua digunakan untuk ruang perpustakaan dan Pusat Pengkajian Pengolahan Data Informasi (P3I).

Ketua DPR Bambang Soesatyo mengatakan, sudah diketahui senjata yang digunakan I anggota Perbakin Tangerang Selatan mengunakan jenis Glock 17 denhan kailber peluru 9 mili meter.

"Yang pertama sudah didapat senjata yang digunakan jenis Glock 17 kaliber 9 milimeter yang sudah dimodifikasi," ujar Bambang di Gedung DPR.

Glock 17 menurut Bambang jangkauannya bisa mencapai 2,4 kilo meter. Sehingga wajar saja peluru bisa sampai ke Gedung Nusantara I DPR dari Lapangan Tembak.

"Glock 17 itu jangkauannya jelajahnya 1,5 mile (2,4 kilo meter), jadi tembakan efektif itu bisa 400 meter. Kalau tembakan tepat 25 sampai 75 meter," katanya.

Terpisah, Dosen Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Melania Suweni Muntini‎ mengatakan, pistol Glock 17 itu jangkauannya tidak akan mencapai 400 meter. Melainkan hanya 150 meter saja. Bahkan, jika dibuka lewat situs Glock 17 disebutkan bahwa jarak efektif dari pisto itu hanya 55 yard atau sekitar 50 meter.

"Kalau itu paling 150 meter deh, jadi kalau jauh efek hancurnya sudah tidak ada," ujar Melania.

Melania menambahkan, pistol Glock 17 itu apabila ditembakan dari jarak 400 meter. Maka tidak akan mampu juga menembus kaca dari ruangan anggota DPR. Apalagi estimasinya lantai 16 itu tingginya bisa 64 meter, dari total tinggi bangunan sebanyak 100 meter dari 24 lantai.

"Efeknya enggak akan sampai memecahkan kaca, dan kekuatan si peluru itu sudah menurun," katanya.

Apalagi menurut dia pistol yang ditembakkan itu posisinya bukan tegak lurus. Melainkan menghadap ke atas. Sehingga sangat sulit bisa menjangkau jangkauan 400 meter. "Itu kan dari bawah ya bukan tegak lurus," tuturnya.

Oleh sebab itu dia menduga ada pistol lain yang digunakan. Atau tembakannya pun dilakukan dari jarak yang lebih dekat. Bukan lokasinya dari Lapangan Tembak. "Iya mungkin ada pistol lain yang digunakan," pungkasnya.

Adapun pistol Glock 17 yang dirangkum dari berbagai memiliki kaliber 9x19, Denhan isi peluru 17 butir‎. Panjang dari pistol itu adalah 186 milimeter, lebar 138 milimenter. Kemudian berat kosong 625 gram, dan berat kirim 5 kilo gram.

Harga pistol Glock 17 merujuk pada situs www.glockstroe.com, harganya mencapai Rp Rp 7,5 - 11 juta‎.(gwn/JPC/buan)

Editor : bua
Uploader : buari
Penulis :
Fotografer :

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU