Debat Capres; Prabowo Sebut Pertahanan RI Terlalu Lemah

  • 30-03-2019 / 22:22 WIB
  • Kategori:Politik
Debat Capres; Prabowo Sebut Pertahanan RI Terlalu Lemah

JAKARTA -- Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menyatakan bahwa pertahanan Indonesia tergolong lemah dan masih jauh dari harapan.

"Saya menilai, pertahanan Indonesia terlalu lemah. Jauh dari yang diharapkan," kata Prabowo saat debat capres keempat di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3).

Menurut Prabowo, pertahanan yang lemah adalah implikasi dari keuangan Indonesia yang lemah. Menurutnya, Indonesia tidak memiliki uang yang cukup untuk meningkatkan kekuatan pertahanan.

"Kenapa? Karena kita tidak punya uang. Keuangan kita, harta kita tidak tinggal di Indonesia karena itu kita lemah," ucap Prabowo.

Prabowo menyatakan bahwa pertahanan adalah elemen yang sangat penting bagi suatu negara.

Kekayaan suatu bangsa hanya bisa dijaga oleh pertahanan yang kuat. Tidak mungkin suatu negara dapat mempertahankan kekayaannya tanpa pertahanan yang kuat.

Dia lantas mengutip pandangan seorang pemikir Yunani yang menyatakan bahwa mereka yang kuat bisa berbuat sekehendaknya. Kemudian mereka yang lemah, hanya akan menderita.

Prabowo kemudian menyapa duta-duta besar negara lain yang hadir di ruangan debat. Prabowo mengatakan para dubes memang nampak selalu tersenyum. Akan tetapi, ada makna lain yang tersembunyi di balik senyuman itu.

"Apakah kita sadar bahwa kita diejek, dia senyum di depan kita tetapi kita tidak punya apa apa," kata Prabowo.

Prabowo lalu berjanji akan meningkatkan kekuatan sistem pertahanan Indonesia. Langkah yang akan ditempuh yakni menambah anggaran seirama dengan memperbaiki sistem keuangan dalam negeri agar tidak ada kebocoran ke luar negeri.

"Akan tingkatkan anggaran pertahanan, maka kita harus terapkan sistem cegah kebocoran sehingga kekayaan Indonesia tidak mengalir ke luar negeri," tutur Prabowo.

KPU menghelat debat capres keempat di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3). Tema debat kali ini adalah ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan, serta hubungan internasional.

Capres nomor urut 01 Joko Widodo hadir mengenakan kemeja putih dan celana hitam. Sementara Prabowo Subianto mengenakan pakaian formal berupa jas hitam dan dasi merah hitam. (tst/sur/cnn/bua)

Editor : bua
Uploader : slatem
Penulis : ist
Fotografer : JPC

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU