Berlangsung Gayeng, Diskusi Debat Capres Malang Post

  • 30-03-2019 / 22:35 WIB
  • Kategori:Politik
Berlangsung Gayeng, Diskusi Debat Capres Malang Post Peserta diskusi debat capres mengikuti kegiatan dengan serius.

MALANG - Peserta diskusi debat capres yang digelar Malang Post di Cinnamon Meeting Room, beberapa kali harus bergelak tawa. Itu karena baik Jokowi calon presiden nomor urut 01 dan Prabowo Prabowo Subianto, calon presiden nomor urut 02 mengeluarkan komentar-komentar lucu, saat menjawab pertanyaan yang diajukan. 

Seperti tentang penerapan ideologi. Dimana Prabowo dalam jawaban yang disampaikan mengaku seringkali mendapatkan fitnah, diantaranya menolak khilafah. Dia pun menegaskan tak pernah sekalipun menolak khilafah. 

Prabowo juga  mengatakan percaya jika Jokowi adalah orang Pancasilais dan Nasionalis, yang mampu memimpin negara dengan baik.

Para peserta diskusi yang semula serius melihat debat, selanjutnya lebih santai, dan beberapa sempat tertawa, jika dia juga tak lepas dari fitnah.

 "saya saya juga kena fitnah. Dituduh sebagai PKI. Tapi saya tidak tanggapi," kata Jokowi. Dia pun mengatakan bahwa Prabowo adalah orang yang pancasilais dan nasionalis.

Sementara untuk tema pemerintahan, Dr. M Lukman Hakim SIP. Msi, Pakar Pemerintahan,  Universitas Brawijaya mengatakan jika kedua calon sama-sama mendukung pengembangan e-Goverment. Namun ada perbendaan pandangan antara Jokowi dengan Prabowo.

"Pak Prabowo mengatakan e-Goverment fokus pada tujuan untuk kesejahteraan masyarakat. Sedangkan pak Jokowi e-Govermen mampu untuk mensejahterakan masyarakat," kata Lukman. 

Tapi demikian, Lukman mengatakan jika Prabowo memiliki ketegasan dalam bersikap. Seiring dengan pernyataan Prabowo tentang kembali pada teknologi lama, namun kekayaan Indonesia tak ke luar negeri. 

"Pak Probowo menjawab dengan tegas soal itu. Tadi dikatakan kalau e-Goverment itu boros buat apa. Itu pernyataan yang sangat tegas," kata Lukman. 
Bahkan, Lukman mengatakan jika dua calon presiden ini berangkat dari latar belakang berbeda. Dia mengatakan, Jokowi berangkat dari sistem, dan Prabowo berangkat dari masalah atau permasalahan yang terjadi di negara Indonesia. 

Sesi pertama dan sesi kedua diskusi debat ke empat capres pun berjalan gayeng. Sesi pertama adalah ideologi, dan sesi kedua adalah pemerintahan. Para peserta diskusi terlihat serius Saat melihat dua calon berdebat. Mereka pun memberikan  komentar dan masukan tentang debat saat jeda iklan.  Diskusi dipimpin langsung oleh Dewi Yuhana, yang juga Pemred Malang Post. (ira)

Editor : bua
Uploader : slatem
Penulis : ira
Fotografer : Guest

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU