Jokowi Tekankan Hilirisasi, Prabowo Sebut Ekonomi Salah Jalan

  • 13-04-2019 / 21:18 WIB
  • Kategori:Politik
Jokowi Tekankan Hilirisasi, Prabowo Sebut Ekonomi Salah Jalan

JAKARTA - Guna meningkatkan stabilitas harga komoditas pertanian-perikanan-perkebunan, Jokowi berjanji akan memperbanyak pabrik-pabrik perikanan. Begitu juga di sektor perkebunan, Jokowi menekankan pentingnya hilirisasi supaya barang yang diekspor minimal barang setengah jadi.

"Ke depan, baik di perikanan-pertanian adalah hilirisasi, perlu dibangun industri perikanan sebanyak-banyaknya sehingga banyak ekspor barang olahan, sudah packaging, labelling. Begitu juga komoditas perkebunan, kita harus berani hilirisasi agar ekspor tidak bentuk mentahan, tapi minimal barang setengah jadi," ujar Jokowi dalam debat Pilpres di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4) malam.

Prabowo lantas menyindir kebijakan yang baru saja Jokowi sampaikan. Sebab, kata Prabowo, saat ini pemerintah justru memperbanyak impor.

"Di sini letak masalah di mana saya singgung, ekonomi kita salah arah. Terjadi deindustrialisasi dan terjadi tidak adanya strategi yang dijalankan pemerintah. Niat Pak Jokowi bagus, tapi Pak Jokowi sudah berkuasa 4,5 tahun kenapa izinkan impor, petani hancur," kata Prabowo.

Menjawab Prabowo,  Jokowi menegaskan letak perbedaan ekonomi makro dan mikro. Jokowi menegaskan, infrastruktur yang sudah dibangun terintegrasi dengan kawasan industri.

"Perlu tahapan besar. Infrastruktur akan terhubung dengan kawasan industri, kawasan wisata. Perlu tahapan besar," kata Jokowi.

Prabowo yang merespons Jokowi menyebut ini bukan salah Jokowi selama menjabat sebagai presiden. Kata Prabowo, ini merupakan kesalahan bersama.

"Terus terang, saya tak salahkan Pak Jokowi. Ini masalah kesalahan kita sebagai bangsa. Kita harus berani mengoreksi diri. Kita salah jalan," ucap Prabowo. (detik/bua)

Editor : bua
Uploader : slatem
Penulis : Buari
Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU