Sandiaga Kritik Mekaar, Jokowi Sebut Sudah Ada Pendampingan

  • 13-04-2019 / 21:27 WIB
  • Kategori:Politik
Sandiaga Kritik Mekaar, Jokowi Sebut Sudah Ada Pendampingan

JAKARTA - Untuk meningkatkan partisipasi perempuan dalam perekonomian, Sandiaga memamerkan program OK OCE. Program ini sudah diimplementasikan di DKI Jakarta. "Gerakan OK OCE juga didominasi emak-emak perempuan, mereka jadi tulang pungggung. Entrepreneurship bisa didorong. Kami yakin ketimpangan bisa dikurangi signifikan," kata Sandiaga.

Sedangkan Ma'ruf Amin menjelaskan program pembiayaan ultra mikro alias UMi dan Bank Wakaf Mikro. Selain itu, Ma'ruf akan menciptakan Dewi-dewi dan Dedi-dedi. "Upaya-upaya ini akan kami terus bangun dan juga di desa-desa kami juga akan ciptakan Dewi-dewi dan Dedi-dedi," jawab Ma'ruf.

Sandiaga lantas mengkritik program Mekaar (Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera) yang disampaikan Jokowi . Menurut Sandiago tidak adanya pendampingan, perizinan soal terjunnya perempuan ke bidang usaha. Sandiaga mengklaim akan membantu lewat OK OCE.

"Sebanyak 80% kegagalan perempuan yang terjun ke bisnis adalah tidak ada pendampingan. Perizinan, kita bantu dengan gerakan OK OCE. Kita bantu administrasi keuangan agar mereka melek hitung cash flow. Akses permodalan, kalau dikasih pinjam uang, 99,99% uangnya balik," ujar Sandiaga.

Sedangkan Jokowi menjawab program Mekaar yang dikritik Sandiaga. Jokowi menegaskan sudah melakukan pendampingan.

"Mengenai Mekaar, pinjaman bagi ibu yang dagang asongan, bakso, mi ayam, usaha rumah tangan. Pinjaman Rp 2, 3, 4 juta sampai Rp 10 juta. Lebih dari Rp 10 juta kita larikan ke KUR. Ini didampingi. Sudah berjalan 4 tahun," jelas Jokowi. (detik/bua)

Editor : bua
Uploader : slatem
Penulis : Buari
Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU