Diprediksi Undecided Voters Lari ke 02, Tapi Tak Bisa Kalahkan 01

  • 13-04-2019 / 22:01 WIB
  • Kategori:Politik
Diprediksi Undecided Voters Lari ke 02, Tapi Tak Bisa Kalahkan 01

MALANG- Arah pilihan kaum Swing dan Undecided Voters untuk memilih presiden diprediksi berlabuh pada Paslon 02 Prabowo-Sandiaga.

Hal ini diketahui dari hasil survei terbaru melalui pengamatan Pakar Politik UB Malang Wawan Sobari PhD berkaitan dengan Swing (pemilih yang berpindah) dan Undecided (pemilih yang belum memutuskan) Voters.

Wawan menjelaskan dari hasil survey Poltracking terbaru sebanyak 84 persen dari 7 persen pemilih yang dikategorikan sebagai swing dan undecided voters seluruh Indonesia diprediksi akan memilih Paslon 02.

Akan tetapi, lanjut Wawan, jikapun 7 persen dari pemilih ini akan memilih Paslon 02, Paslon 01 Jokowi-Amin masih lebih kuat.

“Angka swing dan undecided voters kita kan hanya 7 persen. Jika pun semua akhirnya memilih 02 tetap masih kurang untuk mengalahkan 01”, jelas Wawan beberapa saat lalu di Hall Malang Post dalam Diskusi Debat Capres 2019.

Saat ditanya mengenai debat terakhir, yang mengusung tema ekonomi dan kesejahteraan sosial, Wawan pun pesimis.

Dikatakannya bahkan dengan tema debat yang sangat “dekat” dengan masyarakat dilakukan pun tidak akan mempengaruhi secara signifikan elektabilitas paslon.

Hal ini merujuk pada pola pemilih Indonesia yang masih cenderung emosional, bukan rasional. Hal nyata visi misi dan hasil debat yang dipertontonan selama ini memang terbukti tidak digunakan oleh pemilih, termasuk pada mereka yang masuk dalam kategori swing dan undecided voters. (ica/bua)

Editor : bua
Uploader : slatem
Penulis : ica
Fotografer : Guest

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU