Golkar Siap Bertarung di Pilkada, Desember Nanti Akan Ada Kejutan

  • 24-11-2019 / 19:35 WIB
  • Kategori:Politik, Kabupaten
Golkar Siap Bertarung di Pilkada, Desember Nanti Akan Ada Kejutan Siadi, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Malang.

Malangpostonline.com - Pilkada Kabupaten Malang 2020 mendatang, bakal menjadi pertarungan partai politik (Parpol) besar. Setelah PDI Perjuangan dan Nasdem yang sudah terang-terangan membuka pendaftaran calon kepala daerah (Cakada), Partai Golongan Karya (Golkar) sepertinya juga akan menyusul. Bahkan Golkar akan memberikan kejutan pada bulan Desember 2019 nanti.

Pernyataan ini disampaikan oleh Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Malang, Siadi, disela kegiatannya di Desa Sukoanyar, Kecamatan Pakis, Sabtu (23/11). Dalam Pemilihan Bupati (Pilbup) Malang 2020 nanti, Siadi dikabarkan akan ikut bertarung.

"Insyaallah, doakan saja. Tetapi untuk kepastiannya tunggu saja pada bulan Desember nanti," ucap Siadi, seakan memberi signal dirinya maju dalam Pilkada 2020 nanti.

Mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malang, yang terpilih sebagai anggota DPRD Provinsi Jawa Timur komisi A periode 2019-2024 ini, bahkan menyatakan sudah melakukan pendekatan dengan Parpol lain untuk berkoalisi. Karena untuk bisa maju sendiri, Golkar yang memiliki 8 kursi di DPRD Kabupaten Malang, harus berkoalisi untuk memenuhi syarat 10 kursi.

"Kami sudah melakukan pendekatan dengan Parpol lain. Sudah ada satu Parpol yang menyatakan kesiapan untuk berkoalisi dengan Golkar," ujar Siadi.

Lantas siapa bakal calon wakil bupati yang akan digandeng?. Kabar yang beredar, Siadi akan menggandeng Martiyani Setyaningsih atau Tyas Sujud Pribadi, yang merupakan istri mantan Bupati Malang periode 2006 - 2011, Sujud Pribadi.

Ditanya soal itu, Siadi, masih belum bisa menjawab. Karena keputusannya berada di DPP Golkar. "Memang beberapa waktu lalu, saya menyapa masyarakat dengan Pak Sujud. Tetapi untuk menggandeng istri Pak Sujud sebagai Cawabup, belum bisa saya sampaikan," ucapnya.

Jika memang Golkar menyatakan maju dalam Pilkada 2020 nanti, maka sudah ada tiga Parpol yang akan bertarung. Yakni PDI Perjuangan, Nasdem serta Golkar. Sementara untuk Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) masih belum memberikan signal.

Besar kemungkinan, PKB juga akan mengusung calon sendiri. Karena perolehan kursi PKB pada Pileg 2019 lalu, sama dengan PDI Perjuangan yakni mendapatkan 12 kursi. Sehingga bisa mengusung calon sendiri tanpa harus berkoalisi.

Marhaendra Pramudya Mahardika, Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat & SDM KPU Kabupaten Malang, menyampaikan bahwa Pilkada 2020 nanti, diperkirakan minimal akan diikuti empat pasangan calon (Paslon). Tiga Paslon dari partai politik, sedangkan satu lagi adalah perseorangan.

Bakal calon perseorangan Pilbup Malang 2020, yang sudah muncul adalah Heri Cahyono. Calon dengan jargon Malang Jejeg inipun, sudah menyatakan dan siap bertarung di kontestasi politik Kabupaten Malang lewat jalur independen.

"Prediksi kami Pilkada 2020 nanti, akan diikuti lebih dari tiga Paslon. Kemungkinan ada empat atau lima Paslon, salah satunya adalah calon perseorangan. Sehingga proses Pilkada nanti bakal seru," ucap Dika, sapaan akrab Marhaendra Pramudya Mahardika.(agp/Malangpostonline.com)

Editor : agp
Uploader : slatem
Penulis : agp
Fotografer : agp

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU