10 Pantai Indah di Filipina untuk Snorkeling sampai Surfing

  • 10-09-2019 / 14:47 WIB
  • Kategori:Destinasi
10 Pantai Indah di Filipina untuk Snorkeling sampai Surfing

MALANGPOSTONLINE.COM - Filipina adalah salah satu destinasi wisata bahari yang patut diperhitungkan di Asia Tenggara. Hampir setiap pulau di Filipina memiliki pantai yang eksotis dan tak pernah absen dari turis mancanegara.

Mirip dengan di Indonesia, untuk menjangkau pantai-pantai di Filipina turis masih harus melakukan perjalanan darat, laut, atau udara.
Pasalnya pantai-pantai tersebar di sekitar 7.000 pulau kecil di luar ibu kota Manila.

Bulan Januari sampai Mei menjadi waktu terbaik untuk berwisata ke pantai-pantai di Filipina. Di luar bulan tersebut, negara ini akan dihantam hujan atau mendung yang tak berkesudahan.

Jika baru pertama kali datang ke Filipina, berikut sejumlah pantai dan pulau yang patut dikunjungi:

1. Boracay

Boracay adalah pantai paling populer di Filipina. Pantai berpasir putih ini sangat populer di kalangan turis mancanegara, sehingga suasananya selalu ramai.

Di sini turis tak perlu lagi pusing dengan akomodasi atau tempat kongko, karena banyak restoran, bar, dan hotel yang bisa didatangi.

Akses: Turis dapat naik kapal feri dari Manila via Caticlan sekitar 10 sampai 20 menit. Atau naik bus dari Kalibo kurang lebih 2 jam.

 

2. El Nido, Palawan

Pantai El Nido ini menawarkan pemandangan yang sangat indah dan epik. Tak ada pantai di Filipina yang dapat mengalahkan keindahan air yang jernih kebiruan dengan tebing batu kapur seperti di sini.

Turis bisa snorkeling di Bacuit Bay, main kayak di Miniloc, atau mendaki tebing di El Nido.

Akses: Turis dapat naik bus, mobil, dan pesawat dari pulau Capital Puerto Princesa.

 

3. Anawangin, Zambales

Anawangin merupakan kawasan pesisir yang terbentuk dari letusan Gunung Pinatubo pada 1991. Pantai berkarang ini dihiasi dengan pepohonan yang membuat suasananya semakin teduh.

Berbeda dengan pantai lain yang memiliki sejumlah tempat penginapan, turis yang ingin bermalam harus membawa perlengkapan kemah.

Akses: Turis dapat menaiki bus dari Manila ke San Antonio. Sesampainya di sana turis bisa melanjutkan perjalanan ke Pundaquit, lalu dilanjutkan naik perahu ke Anawangin. Waktu tempuh sekitar setengah hari.

 

4. Pulau Panglao, Bohol

Pulau Panglao sangat cocok untuk liburan keluarga. Jika Boracay terbilang mahal, maka di sini harga akomodasi jauh lebih murah.

Pantai Alona bisa didatangi untuk berenang atau menyaksikan lumba-lumba. Pulau Balicasag dan Pulau Pongtod cocok dikunjungi untuk penggemar fotografi.

Akses: Turis bisa terbang dari Manila ke Bandara Internasional Panglao.

 

5. Anilao, Batangas

Turis bisa mendatangi Mabini Peninsula di Batangas untuk snorkeling atau diving. Spot menyelam di sini merupakan salah satu yang terbaik di Asia Tenggara.

Aktivitas turis di sini ramai sepanjang Oktober sampai Juni.

Turis juga dapat mendaki gunung Gulugod Baboy dengan ketinggian 500 meter di atas permukaan laut.

Akses: Turis dapat naik bus dari Manila menuju Batangas City.

 

6. Pulau Siargao

Siargao merupakan surga surfing di Filipina. Ombak di sini sangat besar, sehingga lebih banyak turis yang datang untuk berselancar ketimbang berenang.

Hampir tak ada tempat komersial di sini, seperti ATM atau rumah sakit. Jangan lupa membawa uang tunai dan menyertakan diri dengan asuransi perjalanan saat ke sini.

Akses: Turis dapat terbang dari Manila atau Cebu menuju Siargao.

 

7. Oslob

Di sini turis bisa berenang dengan kawanan paus hiu. Selain itu juga ada objek wisata air terjun Tumalog dan kota kuno di Oslob.

Yang ingin mengisi perut bisa mendatang restoran seafood tepi pantai di Sukutil.

Akses: Turis bisa naik bus dari Cebu hingga ke Oslob.

 

8. Camiguin

Pulau ini terbentuk dari tujuh gunung berapi. Dari tepi pantainya, turis bisa memandangi Gunung Hibok-Hibok yang masih aktif.

Siapa sangka kalau di sini turis bisa menyantap beragam kuliner Italia, karena banyaknya ekspatriat asal Negeri Pasta yang menetap di sini.

Akses: Turis dapat menaiki pesawat dari selatan Cebu menuju Bandara Camiguin setiap hari.

 

9. Siquijor

Pantai ini terbilang masih sepi dari keramaian turis. Beberapa pantai yang bisa dikunjungi di sini ialah Pantai Paliton dan dan Pantai Salagdoong.
Di Pantai Salagdoong turis bisa loncat dari tebing lalu menceburkan diri ke perairannya.

Air terjun Cambugahay dan gua Llihan juga bisa didatangi jika sudah bosan main di pantai.

Kabarnya di sini ada penduduk lokal yang punya kemampuan menyembuhkan beragam penyakit.
Akses: Turis dapat terbang dari Manila menuju Bandara Dumuguete yang dilanjutkan berkendara ke Dermaga Dumuguete menuju pulau.

 

10. Caramoan

Caramoan menjadi lokasi syuting acara realita televisi 'Survivor'. Pulau Matukad, Pulau Lahos, dan Pulau Little Catanaguan merupakan pantai berpasir putih yang populer didatangi karena pemandangannya yang indah.

Di Gunung Caglago ada monumen Bunda Maria yang bisa dikunjungi.

Akses: Turis dapat memulai perjalanan dengan menggunakan bus dari Manila menuju San Jose, dan Camarines Sur. (ard/cnn/Malangpostonline.com)

Editor : bua
Uploader : irawan
Penulis : CNN
Fotografer : CNN

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU