Wisata Aeng Wonokoyo, Populerkan Monumen Hamid Rusdi

  • 31-01-2020 / 16:53 WIB
  • Kategori:Destinasi
Wisata Aeng Wonokoyo, Populerkan Monumen Hamid Rusdi Kelurahan Wonokoyo sedang menggencarkan pembangunan Wisata Aeng. Selain menjadi lokasi Monumen Hamid Rusdi, kawasan inia kan dibentuk sebagai wisata air.

Malangpostonline.com - Kelurahan Wonokoypo Kecamatan Kedungkandang Kota Malang tengah bersiap memberi kejutan untuk menambah destinasi wisata kampong di Kota Malang. “Wisata Aeng” atau Wisata Air di Jl Kalisari Kelurahan Wonokoyo tengah mencapai 40 persen pengerjaannya.

Hal ini dijelaskan Lurah Wonokoyo Suparman kepada Malang Post, Jumat (31/1). Ia menjelaskan hal ini dilakukan atas inisiasi perangkat kelurahan untuk memberikan pemahaman secara luas bahwa lokasi tersebut memiliki Monumen Hamid Rusdi.

“Nah disana kan ada Monumen Hamid Rusdi (Pahlawan Nasional asal Malang) ga banyak yang tahu. Rencana awal mau dibuatkan taman disana, tapi kok kami lihat eman jadi tercetus rencana bikin saja wisata air,” tutur pria yang akrab disapa Parman ini.

Ia menjelaskan “Aeng” merupakan nama yang dipilih hasil rembukan warga seluruh kelurahan. Karena hampir 80 persen penduduk di Kelurahan Wonokoyo berasal dari Madura, maka dipilihlah Bahasa Madura yakni “Aeng” berarti Air untuk dijadikan nama wisata disana.

Meski begitu hal ini dikatakannya hanya menjadi penamaan yang unik agar cukup dikenal saja. Selebihnya wisata ini akan dibuka untuk umum bagi seluruh warga Kota Malang ketika nanti sudah rampung 100 persen.

“Rencananya kita di 2020 ini akan melanjutkan pembangunannya. Kami rencananya kan menambahkan fasilitas kano (perahu,red), flying fox lalu kedepan juga sawah yang disana akan dibuatkan kafe-kafe kecil,” tegas Parman.

Menurut pantauan Malang Post lokasi wisata ini memang dibelah oleh aliran sungai. Sisi satu merupakan kawasan pemukiman, sisi sebelahnya adalah kawasan sawah dan juga tempat monmen Hamid Rusdi berada.

Kawasan ini sangat asri karena masih dikelilingi area persawahan. Sungai yang mangalir juga tenang dan tidak deras.

“Ya harapannya ada juga pihak luar bisa bantu. Rencananya tahun ini sudah 80 persen lah dan bisa segera dilaunching,” pungkasnya.

Sementara itu, lokasi wisata ini sebenarnya sudah menjadi pusat perhatian warga sekitar untuk menghabiskan waktu. Pasalnya pernak-pernik unik dan menarik sudah terpasang disana. Salah satunya kursi untuk duduk, lampion dan vergola dan juga selfie spot. (ica)

Editor : ica
Uploader : rois
Penulis : ica
Fotografer : Ipunk

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU