Diawali Jualan Keliling, Pecel Legendaris ini Bumbunya Tak Pernah Berubah

  • 02-09-2019 / 17:59 WIB
  • Kategori:Kuliner
Diawali Jualan Keliling, Pecel Legendaris ini Bumbunya Tak Pernah Berubah Pecel Kawi menjadi salah satu kuliner khas Kota Malang, dari dulu hingga sekarang.

MALANGPOSTONLINE.COM - Diawali dengan jualan berkeliling dari kampung ke kampung, dari satu wilayah ke wilayah lainnya, pecel yang cukup melegenda ini hadir di Kota Malang. Inilah Pecel Kawi. Salah satu kuliner khas Kota Malang yang dicari pelancong dari berbagai daerah.

Warung pecel yang terletak di Jalan Kawi Kota Malang ini didirikan oleh seorang ibu yang bernama Hj Musilah pada tahun 1972 silam. Perjuangan Alm Hj Musilah di lanjutkan oleh cucunya, yakni Widasih Khusna Tambana.

"Pecel legendaris ini awalnya ya jualan keliling pada tahun 1972, bertahan hingga sekarang. Awalnya dulu almarhum nenek jualan pecel keliling tahun 1972 di Kawi sini,” tutur Widasih beberapa saat lalu saat ditemui Malangpostonline.com.

Ia menceritakan pelangggan pecel ini beragam. Banyak pula datang dari kalangan artis yang mampir menikmati Pecel Kawi.

Bukti bahwa pecel Kawi ini merupakan kuliner legendaris diperkuat dengan pengakuan salah satu pegawainya yang sudah bekerja sejak tahun 1984. Namanya Murtini, sudah berusia 63 tahun dan masih bekerja hingga saat ini.

"Saya sudah bekerja di pecel Kawi sudah lama sejak pendirinya ini masih hidup. Sampai sekarang saya tetap disini dan tetap buat pecel dengan resep yang sama,” cerita Murtini kepada Malangpostonline.com.

Ia mengatakan ciri khas dari pecel legenda ini sendiri terletak pada bumbunya yang dari dulu tak pernah berubah.

Perempuan yang akrab disapa Mur ini mengatakan bumbu pecel tidak pernah diubah sejak dahulu. Menggunakan resep dari Hj Musilah sendiri yang mengolah bumbu kacang dengan racikan sesuai takaran versi Hj Musilah.

“Intinya gak pernah diubah. Sejak dulu ya begitu,” tandas Mur. (uyi/bua/Malangpostonline.com)

Editor : bua
Uploader : slatem
Penulis : uyi
Fotografer : uyi

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU