Ingin Sejahterakan Masyarakat Desa Pujon Lor, OJK Malang Lakukan Ini

  • 26-09-2019 / 18:29 WIB
  • Kategori:Kuliner
Ingin Sejahterakan Masyarakat Desa Pujon Lor, OJK Malang Lakukan Ini COFFEE TIME: Kepala OJK Malang, Sugiarto Kasmuri (dua dari kiri) mencicipi kopi di unit bisnis kafe BUMDes Pujon Lor, Jon N Rol, Kamis (26/9).

MALANGPOSTONLINE.COM - Setelah Pujon Kidul yang kini sukses dan mampu mensejahterakan masyarakat di sekitarnya, OJK kini membidik BUMDes Pujon Lor untuk optimalisasi.

Dalam field visit media di Desa Pujon Kidul dan Desa Pujon Lor, Kepala OJK Malang, Sugiarto Kasmuri menyebutkan karena karakteristik Pujon Lor berbeda dengan Pujon Kidul, perspektif pengelolaan bisnisnya tentu juga diarahkan ke bidang yang berbeda.

“Pujon Kidul sangat kuat di bidang pariwisata karena mereka memiliki potensi alam yang luar biasa. Sedangkan di Pujon Lor tidak demikian. Karena itu, untuk BUMDes Pujon Lor kami memberikan masukan yang disesuaikan dengan kondisinya,” ujar Sugiarto.

Pria berkacamata ini melanjutkan, unit usaha yang sesuai dengan karakter Pujon Lor salah satunya adalah menjadi tourism hub atau economic hub bagi desa-desa lain di sekitarnya seperti Pujon Kidul, Ngantang hingga Kasembon.

“Saat ini sendiri, baru ada dua unit usaha yang dijalankan oleh BUMDes Pujon Lor. Yakni kafe Jon N Rol dan toko. Namun ke depan, di sini bisa dibangun tourism center dan bisa menjadi tourism hub untuk kawasan wisata di sekitarnya. Bahkan di sini (Jon N Rol) bisa menjadi shuttle untuk transportasi ke Pujon Kidul,” sambungnya.

Optimalisasi BUMDes sendiri diperlukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Selain mendorong infrastruktur BUMDes, OJK juga memiliki peran untuk menghubungkan BUMDes dengan layanan jasa keuangan seperti Laku Pandai. Di Desa Pujon Lor, unit bisnis tokonya telah dilengkapi dengan Laku Pandai yang bekerjasama dengan BNI. (nda/Malangpostonline.com)

Editor : adinda
Uploader : slatem
Penulis : dinda
Fotografer : dinda

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU