Bunga KPR BTN Turun 3 Bulan Lagi

  • 27-07-2019 / 11:05 WIB
  • Kategori:properti
Bunga KPR BTN Turun 3 Bulan Lagi

MALANGPOSTONLINE.COM - Suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) sudah diturunkan 25 bps menjadi 5,75%. Penurunan dilakukan setelah BI menahan bunga acuan selama 8 bulan.

Setelah pemangkasan bunga ini, perbankan akan mulai mengikuti penurunan bunga kredit termasuk bunga kredit pemilikan rumah (KPR). Salah satunya PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau dikenal dengan BTN.

Rencananya, BTN bakal memangkas suku bunga KPR dalam kurun waktu 3 bulan ke depan.

Direktur BTN, Mahelan Prabantarikso menjelaskan meskipun BI sudah menurunkan bunga acuan, namun tak serta merta bunga kredit perbankan langsung ikut turun dan dibutuhkan waktu beberapa bulan ke depan.

"Biasanya (penurunan bunga KPR) dalam jangka waktu 3 bulan," kata Mahelan di Menara BTN, Jakarta, dilansir dari Detik, Jumat (26/7/2019).

Dia mengungkapkan nantinya penurunan bunga KPR ini akan berlaku untuk nasabah baru dan nasabah KPR yang sudah masuk dalam floating rate atau suku bunga mengambang.

Setelah BI rate diturunkan, BTN juga akan melakukan penurunan bunga deposito. Langkah ini dilakukan agar biaya dana perseroan turun dan bank bisa mendapatkan pendapatan bunga yang lebih maksimal.

Dalam kesempatan yang sama Direktur Utama BTN, Maryono menjelaskan saat ini memang banyak tantangan di bisnis BTN akibat suku bunga acuan yang pada semester I belum diturunkan. Hal ini menyebabkan biaya dana bunga di perseroan meningkat. "Ini pengaruh ke ke bisnis, tapi masih tetap sustain dan masih ada dampak ke likuiditas dan profitabilitas," kata Maryono.

Dia menjelaskan biaya dana ini juga menyebabkan net interest income (NII) BTN mengalmai penurunan. "Karena di awal ada 5 kali bunga acuan naik dan dipertahankan. Tapi kita tidak menaikkan bunga kredit, sehingga pendapatan bunga kita tetap (tak bertambah)," jelas dia. (kil/hns/dtk/bua)

Editor : bua
Uploader : Yohan
Penulis : DTK
Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU