Keren, Mahasiswa PBSI FKIP UMM Launching Tiga Koran Sekaligus

  • 15-01-2019 / 01:28 WIB
  • Kategori:Malang
Keren, Mahasiswa PBSI FKIP UMM Launching Tiga Koran Sekaligus Tiga Koran, Saskara, Mercusuar Post, dan Jong Indische yang diluncurkan oleh Ketua Jurusan PBSI FKIP UMM, Dr Sugiarti, M.Si (tengah) dan Husnun N Djuraid, dosen pengampuh PKL Jurnalistik yang juga Pemimpin Redaksi Malangpostonline.com. (ist)

MALANG - Hebat, Luar Biasa dan Keren!! Mahasiswa semester 7 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI FKIP) UMM sukses melaunching tiga koran sekaligus. Yaitu Saskara, Mercusuar Post dan Jong Indische yang masing-masing dicetak 1000 eksemplar. Ketiga koran hasil kerjasama dengan Malang Post ini diluncurkan Sabtu (12/1) lalu dalam acara ‘Peluncuran Koran dan Penganugerahan PKL Jurnalistik’ di Aula BAU UMM.

Menariknya bersamaan peluncuran koran juga digelar Penganugerahan PKL Jurnalistik. Yaitu ajang yang mengapresiasi kinerja jurnalistik mahasiswa dalam membuat koran selama hampir 3 bulan, September – Desember 2018. Ada 16 nominasi yang diperebutkan dengan 32 piala. Di antaranya Pemimpin Perusahaan Berbakat, Pemimpin Redaksi Berbakat, Wartawan Berbakat, Fotografer Berbakat, Berita Terbaik, Foto Terbaik, Manager Iklan Berbakat, Manager Pemasaran Berbakat, Manager Keuangan Berbakat, Sekretaris Redaksi Berbakat dan Koran Terbaik 1, 2 dan 3.

Proses pembuatan koran ini merupakan praktik mata kuliah PKL Jurnalistik. Diawali dengan petunjuk teknis pembuatan perusahaan dan konsep koran serta schedule kerja pada 15 September 2018. Selanjutnya paparan konsep, dan dilanjutkan dengan peliputan langsung di lapangan mulai bulan Oktober 2018.

‘’Penulisan dan editing berita mulai pertengahan Oktober sampai pertengahan Desember. Setelah itu masing-masing kelas melakukan layout di Malang Post dibantu tim artistik Malang Post pada minggu ketiga Desember dilanjutkan dengan revisi. Dan 5 Januari 2019, koran dicetak di percetakan Jawa Pos,’’ jelas Abdul Halim, dosen pembimbing mata kuliah PKL Jurnalistik.

Menariknya, setelah cetak, proses PKL Jurnalistik belum selesai. Masing-masing kelas juga harus menjual koran yang dikoordinatori manager pemasaran. ‘’Luar biasanya, Kelas A yang membuat Koran Saskara mampu menjual 100 persen koran dalam waktu dua hari. Kelas B (Mercusuar Post) menjual sekitar 850 koran dan Kelas C (Jong Indische) 892 koran. Padahal itu mereka lakukan hanya dalam waktu lima hari. Mudah-mudahan pengalaman jurnalistik ini bermanfaat bagi masa depan mereka,’’ ungkapnya.

Ketua Jurusan PBSI Dr. Sugiarti, M.Si mengatakan PKL Jurnalistik menumbuhkan karakter mahasiswa dan meningkatkan soft skill. Sehingga mahasiswa akan lebih siap nanti setelah lulus kuliah. "Jurnalistik bisa meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam kemampuan menulis. Sehingga selain menjadi guru, juga kompeten untuk menulis,'' ungkap Sugiarti.

‘’Saya juga tahu mereka menjual koran ke masing-masing dosen dan mahasiswa. Ini pengalaman wirausaha yang bagus. Jadi selain bisa menulis berita dan menerbitkan koran, mereka juga belajar berwirausaha. Ini nilai plusnya,’’ tambah Bu Sugik, panggilan akrabnya.

Husnun N Djuraid, Dosen Pengampu Mata Kuliah Jurnalistik, yang juga didapuk untuk mengapresiasi koran mengatakan, bahwa praktik PKL Jurnalistik ini merupakan praktik yang luar biasa. ‘’Kalian sudah menjadi orang-orang yang pemberani. Para jurnalis itu seorang pemberani. Paling tidak berani ditolak narasumber. Dan kalian sudah mampu melewati itu, dan mampu menerbitkan koran yang hebat. Kompetensi menulis ini yang harus terus dikembangkan agar menjadi penulis-penulis hebat di masa mendatang,’’ ujar Pemimpin Redaksi Malangpostonline.com yang juga Komisaris Malang Post ini.(lim)

  • Editor : bua
  • Uploader : abdi

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Buktikan Pavel!, Bawa Arema FC Naik Level

JUmat Muda

Polisi Tangkap Nunung Terkait Narkoba

Sebelum Meninggal, Penjaga Rumah di Perum Araya Muntah Darah

7 Varian Pizza dan Pasta Amerika-Eropa

Ritual Perkawinan Joko dan Sri Gondel di Kawisari

Hastag Mandiri Eror Ramai di Twitter

Pendaftaran Jalur Mandiri Polinema Masih Dibuka

Pisah dari Song Joong-ki, Hye-kyo Tinggal di Vila Mewah

Jadwal Semifinal Indonesia Open 2019

Harga Tiket Perempat Final Indonesia Open 2019