Ratusan Warga Binaan Lakukan Perekaman E-KTP

  • 17-01-2019 / 12:48 WIB
  • Kategori:Malang
Ratusan Warga Binaan Lakukan Perekaman E-KTP Foto: Ipung Purwanto/MP Online

MALANG-Ratusan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Klas I Lowokwaru Malang, berbondong-bondong melakukan perekaman e-KTP, Kamis (17/1). Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk persiapan menjelan Pemilu yang jatuh pada 17 April 2019 mendatang.

Secara serentak, Direktorat Jendral Kependudukan dan Pencatatan Sipil melakukan perekaman e-KTP di beberapa daerah. Mereka bekerjasama dengan Rumah Tahanan (Rutan) dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) se-Indonesia untuk melaksanakan perekaman e-KTP. "Kami memiliki jumlah WBP sebanyak 3.038 orang, yang berasal dari Jawa Timur sebanyak 2.899 orang dan non Jawa Timur 139 orang," terang Kalapas Klas I Lowokwaru, Yudi Suseno..

Sedangkan untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang berasal dsri Jawa Timur, terdiri dari wilayah Kota Malang sebanyak 723 orang, Kabupaten Malang 1.123 orang, Kota Batu 108 orang dan daerah lainnya 945 orang. "Mudah-mudahan, dengan adanya kegiatan ini, bisa melancarkan pelaksanaan Pemilu serentak pada bulan April mendatang," kata dia.

Menurutnya, WBP yang mengikuti perekaman e-KTP berjumlah sekitar 100 orang. Mereka memberikan respon positif terhadap kegiatan tersebut. "Tidak ada kendala, semua tanggapannya positif," papar dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang, Eny Hari Sutiarni menambahkan, dari 100 orang WBP yang mebgikuti kegiatan twrsebut, akan dilakukan pendataan ulang. "Sebab, ada yang sudah melakukan perekaman e-KTP. Namun, KTP nya ada di rumah dan tidak dibawa," papar dia.

Oleh karena itu, pihaknya akan melakukan pengecekan biometrik untuk memastikan kelengkapan data yang ada. "Kalau sudah melakukan perekaman e-KTP dan datanya sudah ada, maka akan kami keluarkan Surat Keterangan yang fungsinya sama dengan e-KTP. Kalau belum, akan kami rekam hari ini," beber dia.

Surat keterangan tersebut, akan langsubg dicetak dengan menggunakan sistem Print Ready Record (PRR). "Surat Keterangan tersebut dilengkapi dengan barcode. Bobotnya sama juga dengan e-KTP. Sementara, untuk cetak e-KTP, kami masih menuNggu material dari pusat," tandas dia.

Sedangjan untuk WBP yang berasal dari luar Malang, akan dikomunikasikan lebih lanjut. "Kami akan komunikasikan lebih lanjut. Umumnya, Dipendukcapil dari Malang Raya yang akan membantu," pungkas dia.(tea)

Editor : bua
Uploader : irawan
Penulis :
Fotografer :

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU