Sutiaji dan Sanusi Dukung Tol Wisata

  • 18-01-2019 / 01:03 WIB - Editor: Bagus ary
  • Uploader:abdi
Sutiaji dan Sanusi Dukung Tol Wisata

MALANG- Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji dan Wakil Bupati Malang Drs. H. M. Sanusi mendukung usulan Tol Wisata Sukorejo-Batu. Jalur tol yang diinisiasi Pemkot Batu ini, dianggap memberikan efek baik bagi Malang Raya. Dukungan ini, ditegaskan juga menjadi bagian dari sinergi pemerintahan Malang Raya.

“Kami tentu akan mendukung program daerah lain,” tegas Sutiaji kepada Malang Post saat dikonfirmasi kemarin siang.

Dukungan program Pemkot Malang pada daerah lain seperti Kota Batu hingga Kabupaten Malang akan diwujudkan. Melalui sinergi dan pembahasan bersama seperti yang sudah dilakukan sebelumnya oleh tiga pimpinan daerah Malang Raya.

Menurut Sutiaji, selama program tersebut memiliki filosofi yang sama satu dengan yang lain maka dukungan akan mengalir dengan sendirinya.

“Filosofi kebijakan jiak didasarkan dan ujungnya pada kepentingan masyrakat banyak pasti akan didukung,” tegasnya.

Hal ini juga dikatakannya menyusul potensi dampak positif yang dapat terjadi ke Kota Malang akan Tol Wisata Sukorejo-Batu. Dimana Sutiaji mengungkapkan, bisa jadi mengurangi efek kepadatan kendaraan di Kota Malang.

Pasalnya banyak warga pengunjung atau wisatawan saat weekend akan memilih rute jalanan di Kota Malang untuk menuju Kota Batu. Ini menjadi salah satu faktor kemacetan di hari weekend Kota Malang selama ini.

Terpisah, Wakil Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, mengaku mendukung pembangunan Tol Wisata Sukorejo - Batu - Kediri. Namun hanya bentuk dukungan moral saja, seperti memfasilitasi pembebasan lahan dengan masyarakat pemilik lahan. Sedangkan dukungan aktif, tidak memungkinkan.

"Pada prinsipnya, kalau pembangunan tol tersebut (Tol Wisata Sukorejo - Batu - Kediri, red) merupakan program Pemerintah Pusat, kami mendukung. Tetapi hanya dukungan moral, kalau dukungan aktif tidak mungkin sebab bukan ranah kita," ungkap Sanusi.

Dukungan aktif, menurut Sanusi adalah seperti pendanaan. Karena Pemkab Malang, tidak mungkin mengeluarkan dana untuk pembangunan tol. "Kecuali ada yang mendanai, pasti kami akan dukung secara moral," ujarnya.

Dikatakannya, rencana pembangunan Tol Sukorejo - Batu - Kediri, memang sebelumnya masuk dalam rencana tata ruang wilayah (RTRW) nasional. Namun dengan adanya pembangunan Tol Malang - Pandaan (Mapan), rencana Tol Sukorejo - Batu - Kediri tersebut dibatalkan.

"Ketika Pemerintah Pusat membangun Tol Mapan, rencana pembangunan tol itu (Tol Sukorejo - Batu - Kediri, red) langsung dibatalkan. Saat saya rapat koordinasi di Surabaya bersama Gubernur Jatim, juga memastikan dibatalkan," paparnya.

"Tetapi tidak menutup kemungkinan, beberapa

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

REKOMENDASI

Arema Tersingkir di Kandang Sendiri

Kecewa, Pemain Arema Harus Benahi Permainan

Dua Blandong Bebas Hanya Wajib Lapor

Lima Bulan ada di Malang, Kopi Kulo Jadi Idaman

PDAM Buka Lowongan Direksi

-->