Cobalah 3 Khasiat Seduhan Teh Daun Sirsak Untuk Kesehatan

  • 18-01-2019 / 16:06 WIB - Editor: Dita Roffal
  • Uploader:dita
Cobalah 3 Khasiat Seduhan Teh Daun Sirsak Untuk Kesehatan Teh daun sirsak dianggap memiliki khasiat untuk kesehatan. (Herbal Teas Online)

Daun sirsak memiliki banyak manfaat kesehatan. Daun ini juga seringkali digunakan sebagai obat herbal. Buahnya sendiri, dipercaya sebagai salah satu cara menangkal kanker.

Daun sirsak bisa dibuat menjadi seduhan teh untuk mencegah atau mengobati kanker juga. Meski begitu, para peneliti masih terus menguji manfaat klinis dari daun sirsak itu sendiri.

Orang menggunakan buahnya untuk membuat jus, smoothie, es krim, dan camilan manis lainnya. Banyak orang juga menggunakan daun pohon buah sirsak untuk membuat teh. Sirsak juga disebut graviola, sehingga minuman ini juga dapat disebut sebagai teh graviola. Nama lain untuk sirsak termasuk guanabana, custard apple, dan paw Brasil.

Beberapa orang juga menggabungkan teh sirsak dengan bahan lain termasuk buah sirsak, matcha, atau campuran herbal lainnya untuk menyesuaikan rasa dan manfaatnya bagi kesehatan. Teh sirsak bukanlah 'teh' dalam arti sebenarnya. Tetapi cara memasaknya cukup dengan menyeduhnya bersama air hangat.

Dilansir dari Very Well Fit, Jumat (18/1), ada banyak manfaat daun sirsak bagi kesehatan. Di antaranya,

1. Mencegah Kanker

Teh graviola atau teh yang terbuat dari daun sirsak dipercaya banyak orang untuk mengobati, mencegah, dan bahkan menyembuhkan kanker. Namun, saat ini belum ada bukti kuat untuk mendukung klaim tersebut. Satu ulasan baru-baru ini yang diterbitkan dalam jurnal Carcinogenesis menemukan bahwa berdasarkan data yang tersedia, ada bukti bagus bahwa tanaman ini dapat memiliki potensi kemopreventif dan terapi.

Memorial Sloan Kettering Cancer Center mengakui bahwa graviola telah menunjukkan sifat antikanker dalam studi laboratorium, tetapi data-data lanjutan masih dibutuhkan. Cancer Research UK (sebuah organisasi kanker nirlaba yang berbasis di Inggris) menyatakan bahwa tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa graviola berfungsi sebagai obat untuk kanker namun hanya pencegahan.

2. Obat Batuk

Selain sifat antikankernya, beberapa orang menggunakan sirsak untuk mengobati infeksi, batuk, penurunan berat badan, herpes, radang hidung dan tenggorokan, dan infeksi parasit seperti kutu.

3. Obat Mual

Atau bisa juga untuk relaksasi ketika seseorang mengalami mual dan muntah.

4. Risiko dan Efek Samping

Memorial Sloan Kettering Cancer Center menyarankan agar tidak mengonsumsi sirsak atau daun sirsak jika sedang minum obat tekanan darah, sedang minum obat diabetes, jika memiliki penyakit hati atau ginjal, jika memiliki jumlah trombosit yang rendah. (JPC/MPOL)

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

REKOMENDASI

Arema Tersingkir di Kandang Sendiri

Dua Blandong Bebas Hanya Wajib Lapor

Lima Bulan ada di Malang, Kopi Kulo Jadi Idaman

-->