Tes Davido-CHaD Ungkap Fakta Kejiwaan Melalui Gambar

  • 20-01-2019 / 12:48 WIB
  • Kategori:Kampus
Tes Davido-CHaD Ungkap Fakta Kejiwaan Melalui Gambar Dr. Roseline D Davido,  PhD menjelaskan Tes Davido Chad yang diciptakannya kepada peserta workshop.(Imam/MP online)

MALANG - Dr. Roseline D Davido,  PhD, Psikolog kebangsaan Prancis menjabarkan penemuannya terkait tes Davido-CHaD kepada puluhan peserta workshop di Gedung Fakultas Hukum Universitas Brawijaya,  Minggu (20/1). Tes Davido chad dinilai sebagaibtes psikologi palig menarik. 

Tes ini hanya menggunakan alat tulis, seperti kertas gambar. Melalui gambar tersebut psikolog dapat membaca berbagai pengalaman hidup pasien,  hingga akhirnya bisa menyimpulkan hasilnya. 

Dijelaskan Rosaline,  bahwa tes Davido Chad memiliki kelebihan dari tes-tea psikologi lainnya.  Tes davido dapat membantu psikolog dalam mengungkap fakta atau sejarah masa lalu serta karakter pasien tanpa membuat yang bersangkutan tertekan. "Karena sistem tes ini bukan berbicara atau berdialog.  Tetapi lewat menggambar," ucapnya.  

Ia mengatakan,  tes dengan cara dialog antara psikolog dengan pasien memang mudah,  tetapi banyak pasien kurang nyaman.  "Mereka merasa tertekan dan tidak bisa leluasa berbicara," ujarnya.  

Menurut Rosaline Tes Davido Chad menaraik diterapkan di Indinesia. Ia mengungkapkan sejauh ini telah banyak mengungkap fakta penting dari berbagai kasus di Indonesia.  Seperti terorisme, narkoba dan pelecehan seksual.  "Tidak hanya Indonesia,  tes ini juga telah diterapkan di australia dan prancis," ungkapnya.  

Kata CHaD merupakan singkatan The Childhood Hand that Distrubs. Sedangkan Davido sendiri ia rangkai dari huruf-huruf yang memiliki detecting, abuse, victim, intelegence, diagnostic dan origin.  "Selain juga davido merupakan nama saya, yang memperkuat bahwa tes ini hasil dari temuan saya sendiri," terangnya seraya disambut tepuk tangan para peserta.   

Kepada Malang Post Online, Trainer Tes Davido Chad, Ade Laressa, S. Psi, M. Psi menjelaskan, tes Davido CHad merupakan tes proyektif, yang mengungkap karakater seseorang melalui gambar. Biasanya pasien diminta untuk menggambar apa yang sering digambar sejak kecil.  

Dari tema dan warna gambar tersebut dapat dianalisa masa lalu orang tersebut hingga dapat diungkap pemicu seseorang berbuat kejahatan. "Inilah keunggulan dari tes davido chad. Membuat orang lebih terbuka dan lebih mudah untuk diassesment oleh psikolog," terangnya.  

Sementara tes psikologi pada umumnya menggunakan grafis. Akan tetapi dari pengalaman para psikolog selama ini pasien banyak menolak untuk berbicara.  "Kalau davido chad dengan sistem proyeksi membuat orang lebih terbuka," kata Psikolog Klinis Indonesia ini. 

Tes Davido bisa diterapkan ke pasien dari berbagai usia.  Mulai 3 sampai 100 tahun. Tes ini memang dianggap sangat menarik bagi para psikolog.  Buktinya, workshop ini dihadiri puluhan peserta dari berbagai daerah di Indonesia.  Selain Malang juga berasal dari Kalimantan, Bali, Suranaya, akarta,  Bogor, Madura dan Kupang. (imm)

  • Editor : bua
  • Uploader : slatem

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Tiket Pesawat Mahal, Danau Toba Kehilangan Turis

VIDEO