Wisata Bendungan Dempok, Kuliner Sambil Refreshing

  • 06-02-2019 / 14:13 WIB
  • Kategori:Kuliner
Wisata Bendungan Dempok, Kuliner Sambil Refreshing NIKMAT: Beginilah enaknya menyantap kuliner ikan mujaer dengan lalapan di tempat wisata air Dempok, Desa Gampingan, Pagak.(MARGA NURTANTYO/MP Online)

MALANG- Anda yang ingin menikmati kuliner khas ikan mujaer sambil refreshing, coba saja datangi tempat wisata air Dempok, di Dusun Dempok, Desa Gampingan, Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang. Lokasinya nyaman dan aman.

Bahkan bisa disebut menjadi tempat wisata yang murah meriah untuk keluarga di akhir pekan. Dempok merupakan kawasan yang memiliki waduk. Terdapat perahu-perahu kecil yang bisa disewa oleh pengunjung untuk memutari sekeliling waduk.

Lokasinya dekat dengan Bendungan Sengguruh. Untuk menikmati suasana sejuk di tengah waduk, cukup mengeluarkan uang Rp 10.000 untuk menyewa perahu. Tapi bagi yang ingin menyantap gurihnya ikan, datangi saja kumpulan ibu-ibu yang menjual ikan di dekat waduk. 

Mereka berjualan ikan segar hasil tangkapan nelayan. Utamanya ikan mujair. Anda bisa melihat secara langsung ikan-ikan tersebut dibersihkan. Rata-rata, ikan yang dijual tergantung ukurannya. Namun, ada juga yang menjual sesuai dengan harga perjaring. 

Biasanya harga ikan mujair perjaring berkisar antara Rp 20.000 hingga Rp 70.000. Kalau beruntung, ada pula yang menjual udang. Pengunjung juga bisa melakukan tawar-menawar jika ingin mendapat harga ikan yang murah. 

Setelah ikan didapat, ikan dapat dibawa menuju beberapa warung makan yang berada di areal wisata tersebut. Ikan yang sudah dibeli ini, bisa diminta langsung untuk dimasak. Mereka memang menawarkan jasa memasak ikan-ikan yang dibeli. 

Entah digoreng, dibakar, atau bahkan dibuat masakan rica-rica. Tergantung pemesannya. Sebagai pelengkap, Anda juga bisa memesan nasi, sayur lalapan, sambal dan minuman. Harga jasa memasak, bervariasi. 

Kadang tidak sampai Rp 50.000, dan tergantung ukuran ikan yang diolah. Tetapi, kalau musim liburan atau weekend, ditanggung harga jasa memasang akan naik tiga kali lipat. Nah, setelah harga jasa memasak disepakati, tinggal menunggu di bale milik warung tersebut. 

Atau boleh menunggu di gazebo-gazebo yang berada persis di depan warung. Disinilah kesabaran Anda akan diuji. Sebab, proses memasak ikan tidak sebentar. Kalau hanya digoreng, biasanya membutuhkan waktu 30 menit.

Namun kalau dibakar atau diolah menjadi rica-rica, bisa-bisa memakan waktu 1,5 jam. Tapi, jangan diragukan lagi kualitas rasanya. Apalagi sambal yang disajikan. Hmm, bisa bikin lidah bergoyang. Apalagi kalau makannya beramai-ramai dengan keluarga.

Tentu makin nikmat. Sembari makan, sambil menikmati pemandangan waduk. Menemukan tempat ini cukup mudah. Menujulah ke Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang. Dari perempatan jalan besar, ambil jalan lurus menuju Kecamatan Pagak. 

Setelah melewati Bendungan Sengguruh, atau setelah beberapa kali tikungan, terlihat papan penunjuk wisata waduk Dempok di sebelah kanan. Ikuti jalan tersebut hingga sejauh satu kilometer dan tibalah di wisata air tersebut. (mar)

  • Editor : mar
  • Uploader : slatem

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI