Popularitas UB Meningkat di 4ICU dan Webometric

  • 08-02-2019 / 09:12 WIB
  • Kategori:Kampus
Popularitas UB Meningkat di 4ICU dan Webometric Universitas Brawijaya (UB) mengalami peningkatan popukaritas versi 4ICU dan webometric. (Linda Epariyani/MP Online)

MALANG - Popularitas Universitas Brawijaya (UB) versi 4ICU di tingkat internasional dan nasional mengalami kenaikan. Di Indonesia, UB menduduki posisi ke dua setelah Universitas Gajah Mada (UGM), sedangkan di tingkat internasional berada di urutan 572.

Kepala Bidang Data Pemeringkatan, Pusat Pemeringkatan  LP3M UB Adharul Muttaqin, ST., MT mengatakan naiknya peringkat popularitas UB karena banyaknya publik yang mencari informasi terkait UB.

"Posisi UB kali ini merupakan yang pertama kali karena di tahun-tahun sebelumnya berada di posisi 4,5, dan 6. Hal ini berarti sudah banyak orang yang tertarik dan mencari informasi soal UB. Dengan kata lain informasi yang diberikan oleh UB bermanfat," Ujar Adharul.

Dalam penilaian 4ICU ada beberapa indikator, antara lain Moz Domain Authority, Alexa Global Rank, SimilarWeb Global Rank, Majestic Referring Domains, dan Majestic Trust Flow.

"Dengan naiknya peringkat kita, berarti memberikan peluang bahwa image dan branding  UB juga naik," Tegasnya.

Selain 4ICU peringkat UB versi webometric juga megalami kenaikan yaitu berada di posisi 6 Indonesia dan 1521 dunia. Posisi ini naik dibandingkan bulan Juli 2018 lalu yang berada di posisi 28. Beberapa indikator yang mempengaruhi naiknya peringkat UB di versi webometric karena adanya peningkatan jumlah sitasi jurnal ilmiah dosen yang terindeks dalam Scimago.

"Selain banyaknya sitasi jurnal ilmiah, indikator lain yang berpengaruh adalah transparance atau opennes dan excellence or scholar," Jelas Adharul.

Opennes berkaitan dengan banyaknya sitasi karya ilmiah penulis UB yang  terindeks google scholar.  Sedangkan excellence berkaitan  dengan paper teratas yang paling banyak disitasi dalam 26 bidang ilmu di Scimago.

Sementara itu, Ketua LP3M UB Ir. Achmad Wicaksono, M.Eng., Ph.D, mengucapkan terimakasih kepada Humas, TIK, dan PIDK yang sudah mempopulerkan UB karena telah berupaya membuat website menjadi lebih menarik dan nama yang semakin dikenal.

"Terutama ketika Humas UB yang menyampaikan informasi kepada wartawan, publikasi di medianya mencantumkan link UB maka secara otomatis akan semakin meningkatkan traffic web," Tandas Sony, sapaan akrabnya. (Lin)

  • Editor : bua
  • Uploader : slatem

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI