Ini Perbedaan Teknologi 4G LTE dan 5G

  • 11-02-2019 / 20:22 WIB - Editor: buari
  • Uploader:slatem
  • Penulis:JPC
Ini Perbedaan Teknologi 4G LTE dan 5G JPC

Tahun 2019 disebut-sebut sebagai tahunnya 5G, teknologi jaringan seluler generasi ke lima. Hingga saat ini masih banyak orang bingung soal istilah 5G. Apa perbedaannya dengan teknologi seluler sebelumnya yang saat ini kita gunakan yakni 4G LTE.

Soal perbedaan antara 5G dengan 4G LTE, bahwa 5G tidak diragukan lagi akan lebih cepat daripada LTE, itulah secara sederhana perbedaannya. Keduanya berhubungan dengan  jaringan seluler, tetapi ada banyak kebingungan tentang teknologi saat ini.

Hal tersebut mengacu kepada apakah kita membutuhkan jaringan yang lebih kuat dari jangkauan LTE, atau bertanya-tanya apakah kita harus membeli ponsel 5G. Singkatnya, 'G' dalam singkatan 2G, 3G atau 4G saat ini adalah singkatan dari kata generasi, jadi 5G adalah istilah kolektif untuk generasi kelima dari teknologi jaringan seluler.

Sementara LTE adalah singkatan dari Long-Term Evolution, dan ini adalah teknologi 4G. 5G yang lebih baru bukan pengganti 4G, jadi kita tetap akan menemukan teknologi LTE dan 5G bekerja bersama untuk masa mendatang.

Lalu, apa keuntungan yang akan dibawa 5G? "Keuntungan utama yang ditawarkan 5G dibandingkan 4G LTE adalah kecepatan yang lebih cepat, terutama karena akan ada lebih banyak spektrum yang tersedia untuk 5G dan menggunakan teknologi radio yang lebih maju," kata Direktur Pemasaran dan Komunikasi di NetComm, Els Baert kepada Digital Trends.

"Ini juga akan memberikan latensi yang jauh lebih rendah daripada 4G, yang akan memungkinkan aplikasi baru di ruang Internet of Things 
(IoT)," jelasnya.

Secara sederhana, 5G akan memungkinkan kita untuk mengunduh dan mengunggah data lebih cepat daripada teknologi yang lebih tua. Kecepatan tertinggi teoretis untuk 5G dikatakan sangat cepat, antara kecepatan unduhan 1 dan 10 Gbps dan latensi 1  milidetik, tetapi secara realistis kita mungkin mengharapkan kecepatan unduhan rata-rata minimum 50 Mbps dan latensi 10 milidetik, dibandingkan dengan kecepatan 4G rata-rata saat ini sekitar 15 Mbps dan 50 milidetik.

Namun ini akan tergantung pada jangkauan jaringan, jumlah orang yang terhubung di sekitar, dan perangkat yang digunakan. Karena 5G adalah istilah umum yang mencakup banyak teknologi berbeda, sulit untuk memisahkan semuanya dengan rapi dan ada beberapa yang tumpang tindih.

Kecepatan yang lebih tinggi yang benar-benar membedakan 5G dari rasa 4G LTE membutuhkan band  frekuensi tinggi mmWave (gelombang milimeter). Frekuensi tinggi ini memiliki bandwidth yang sangat besar, sehingga

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

REKOMENDASI

Arema Tersingkir di Kandang Sendiri

Kecewa, Pemain Arema Harus Benahi Permainan

Dua Blandong Bebas Hanya Wajib Lapor

Lima Bulan ada di Malang, Kopi Kulo Jadi Idaman

PDAM Buka Lowongan Direksi

-->