132 Siswa SMKN 6 Jurusan Bangunan Disertifikasi

  • 26-02-2019 / 12:06 WIB
  • Kategori:Sekolah
 132 Siswa SMKN 6 Jurusan Bangunan Disertifikasi PEMBEKALAN: Siswa SMKN 6 Malang mengikuti pembekalan sebelum ujian kompetensi keahlian (UKK) yang akan dilaksanakan besok.

MALANG- Yel-yel SMK Bisa membahana di aula SMKN 6 Malang, Selasa pagi. Sebanyak 132 siswa kelas XII jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan terlihat begitu bersemangat. Mereka akan mengikuti pembekalan sebelum pelaksanaan ujian kompetensi keahlian (UKK), besok. Kalau biasanya UKK dilaksanakan bulan April, kali ini khusus digelar lebih awal.

“UKK kali ini istimewa karena melibatkan lembaga sertifikasi, jadi siswa tidak diuji oleh industri melainkan langsung lembaga yang ditunjuk pemerintah,” ungkap Kepala SMKN 6 Malang Sidik Priyono kepada Malang Post.

Menurut Sidik, program ini terlaksana berkat kerja sama SMKN 6 Malang dengan Kementerian PUPR. Yang sebelumnya juga telah dilakukan bimbingan teknis (bimtek) terkait persiapan ujian tersebut. Selain SMKN 6, ada juga SMKN 11 dan SMK Nasional yang mengikuti bimtek. Hanya saja, lanjut Sidik, SMKN 6 mengawali menggelar UKK ini.

“Saya berharap anak-anak bisa lulus UKK 100 persen, karena sertifikat yang didapatkan nantinya sangat penting untuk bekal mereka bekerja,” tegasnya.

Hadir membuka acara pembekalan kemairn, Wakil Ketua III Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Provinsi Jawa Timur Dr. Isnandar, MT. Menurutnya, sertifikasi profesi untuk siswa SMK jurusan jasa konstruksi ini merupakan bagian dari program percepatan. Sebab, dari 8,2 juta tenaga kerja konstruksi ahli atau terampil, baru 10 persen saja yang memiliki sertifikat kompetensi. Sementara tuntutan undang-undang yakni nomor 2 tahun 2017, tenaga kerja kontruksi terampil atau hali wajib memiliki sertifikat.

“Karena jumlah tenaga yang tersertifikasi ini masih kecil, sehingga diperlukan percepatan dengan melibatkan LPJK,” bebernya. (oci)

Editor : oci
Uploader : slatem
Penulis : rosi
Fotografer :

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU