Persiapkan UTBK, UM Latih Teknisi dan Admin Server

  • 01-03-2019 / 15:39 WIB
  • Kategori:Kampus
Persiapkan UTBK, UM Latih Teknisi dan Admin Server Foto: Inasa All Islamiya/MP ONline

MALANG – Menjelang pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SBMPTN April mendatang, Universitas Negeri Malang (UM) beri pelatihan kepada admin server dan teknisi di Hotel Aria Gajayana Malang, Jum’at (1/3). Pemberian pelatihan sebagai langkah persiapan khusus, mengingat pelaksanaan SBMPTN tahun ini akan menggunakan UTBK secara keseluruhan melalui Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

“Tahun lalu sebagian masih menggunakan Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC), tahun ini semuanya menggunakan UTBK maka dari itu persiapan harus dilakukan dengan matang,” terang Kepala Pusat TIK UM Mahmudin.

UM merupakan salah satu penyelenggara SBMPTN di Malang yang bekerja sama dengan empat perguruan tinggi lainnya untuk sarana pelaksanaan UTBK. Empat perguruan tinggi tersebut di antaranya UMM, UNISMA, UNMER, dan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Pelatihan hari ini diikuti oleh 84 teknisi dan 24 admin server dari keempat perguruan tinggi mitra dan dari UM sendiri.

Pada pelaksanaan UTBK, teknisi berfungsi sebagai perantara untuk menjelaskan kepada pengawas mengenai penggunaan aplikasi, oleh karena itu aplikasi pengawas dan peserta ujian menjadi tanggung jawab teknisi. Sementara admin server memiliki peran menjaga kestabilan dari koneksi server. Nantinya setiap teknisi dan admin server akan berjaga pada Sabtu dan Minggu hingga selesai sepuluh kali jadwal ujian.

Target dari pelaksanaan pelatihan ini adalah agar teknisi dan admin server dapat menginstal server pada masing-masing lokasi Perguruan Tinggi mitra. Karena komputer yang digunakan untuk UTBK harus menggunakan browser khusus hanya untuk aplikasi ujian yaitu Safe Exam Browser (SEB).

Teknisi dan admin server juga dituntut untuk membangun komunikasi yang baik dalam pelaksanaan UTBK, agar dapat berkoordinasi jika terdapat suatu kendala dan masalah. Selain menggunakan Whatsapp sebagai media komunikasi dalam grup, teknisi dan admin server harus menggunakan telegram yang menggunakan sistem One Time Passwords. (mg3/oci)

Editor : oci
Uploader : irawan
Penulis : asa
Fotografer :

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU