Info Pasar Besar; Harga Bawang Merah, Bawang Putih dan Cabai Rawit Naik Rp 4 Ribu

  • 07-03-2019 / 16:40 WIB
  • Kategori:Ekonomi
Info Pasar Besar; Harga Bawang Merah, Bawang Putih dan Cabai Rawit Naik Rp 4 Ribu FOTO: Ipunk Purwanto/Malang Post

MALANG-Musim hujan kali ini membuat harga beberapa komoditi, seperti bawang merah, bawang putih hingga cabai rawit merah kembali meroket. Kalau kondisi tersebut terjadi secara terus-menerus, tidak menutup kemungkinan akan menjadi faktor pemicu inflasi pada bulan Maret 2019 ini.

Pedagang cabai di Pasar Besar Malang, Agus Salam mengungkapkan, kenaikan harga tersebut terjadi sejak Rabu (6/3). “Untuk bawang merah, bawang putih dan cabai rawit naik Rp 4 ribu per kilogram,” terang dia kepada malangpostonline.com, Kamis (7/3).

Agus menguraikan, harga bawang putih yang mulanya Rp 20 ribu menjadi Rp 24 ribu per kilogram. Sementara, untuk cabai rawit dari harga Rp 26 ribu menjadi Rp 30 ribu per kilogram. “Kenaikan harga tersebut terjadi karena musim hujan. Barangnya agak sulit karena tanamannya tidak bisa dipetik,” jelas dia.

Hal tersebut juga mempengaruhi stok barang yang didapat dari petani, yakni sekitar seperempat kilogram. Meski demikian, tidak mempengaruhi terhadap penjualan. “Bagi masyarakat, harga tersebut masih masuk dalam harga normal. Selain itu, kualitas barangnya tidak terlalu bagus,” kata dia.

Kondisi tersebut tentunya harus terus diwaspadai oleh Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Malang dan Pemerintah Kota Malang. Sebab, jika tidak, bisa menjadi salah satu pemicu inflasi pada bulan Maret 2019 ini. “Bisa jadi (pemicu inflasi). Kalau selama bulan Maret ini harga cabainya naik dan tidak ada penurunan harga. Bisa dipastikan akan memberi sumbangan positif terhadap inflasi,” terang Kepala Seksi Statistik Distribusi Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Malang Dwi Handayani.

Seperti yang terjadi pada bulan Februari lalu, bawang putih menjadi salah satu pendorong inflasi dengan andil 0.021 persen. Sebab, pada bulan tersebut, bawang putih mengalami kenaikan harga sebesar 10,31 persen. “Sementara, untuk cabai rawit, justru menjadi salah satu faktor pendorong deflasi, karena mengalami penurunan harga sebesar 13,04 persen dengan andil -0.038 persen,” tandas dia. (tea/bua)

  • Editor : bua
  • Uploader : slatem
  • Penulis : tea

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Pabrik Sol Sepatu Terbakar, 5 Menit Padam

Masak Seru di Mom & Kiddie Cooking Class

Nyoblos Ulang di TPS 17 Dapat Coklat

VIDEO

-->