Serbu Balai Kota, Ada Festival Bakso hingga Durian

  • 15-03-2019 / 23:10 WIB
  • Kategori:Malang
Serbu Balai Kota, Ada Festival Bakso hingga Durian Wali Kota Malang Sutiaji dan istri memasak cwi mie di salah satu stan Festival Bakso Cuimie dan Mendem Duren.

MALANG-Ada bakso, cwi mie, durian dan aneka makanan tradisional di depan Balai Kota Malang mulai Jumat (15/3) kemarin. Festival Bakso, Cwi Mie dan Durian sudah resmi dibuka dan langsung diserbu warga Kota Malang. Apalagi barang yang disajikan harganya terjangkau dan banyak pilihan.

Salah seorang warga Cholil, mengatakan ia langsung mampir ketika melihat kelompok pedagang durian nangkring di depan Balai Kota Malang kemarin.

“Saya sekeluarga suka durian. Ya liat ada yang dagang durian langsung mampir. Lumayan Rp 100 ribu bisa lima buah duren,” tutur pria asal Kecamatan Kedungkandang Kota Malang ini.

Tidak hanya Cholil, warga Kota Malang lainnya juga menyerbu kurang lebih 91 stan makanan yang disediakan dalam acara ini. Stan bakso pun beragam. Ada yang dibakar, kuah hingga dimodifikasi dengan keju dan sosis. Stan lain yang mengundang perhatian adalah jajanan-jajanan ringan lainnya seperti takoyaki, sosis bakar hingga pia.

Kepala Bagian Umum Pemkot Malang Suwarjana menjelaskan festival tersebut diadakan dalam rangka menyambut HUT ke 105 Kota Malang yang akan jatuh pada 1 April mendatang. 

“Kita hadirkan kembali festival kuliner khas Kota Malang. Bakso, Cuimie dan gak ketinggalan durian. Warga bisa datang kapan pun,” ungkap Suwarjana kemarin.

Stan dengan puluhan makanan ini akan dijejer di sepanjang depan balai kota hingga ke Jalan Gajahmada. Ditambahkannya hari ini adalah pembukaan festival tersebut hingga nanti berakhir di hari Minggu besok.

Warga juga dijamin tidak bosan, karena penampilan seru biduan dangdut akan datang menghibur. Saat ini penyanyi dangdut populer Jawa Timur Sodik pun menghibur. Ia bersama dengan penyanyi dangdut lainnya membawakan lagu-lagu koplo dan populer menghibur warga yang datang.

Acara ini sebelumnya dibuka langsung oleh Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji. Ia pun sangat antusias akan berlangsungnya acara yang dikatakannya tidak menggunakan APBD Kota Malang sama sekali.

“Bangga ya ini benar-benar tidak menggunakan APBD. Tapi swadaya masyarakat dan kelompok kita memfasilitasi sebagai pemerintah daerah,” jelas Sutiaji di sela pembukaan kemarin.

Ia pun membeberkan alasan mengapa bakso, cwi mie dan durian menjadi tiga kuliner yang dipestakan dalam Festival Kuliner jelang HUT ke 105 Kota Malang hari ini hingga tiga hari ke depan.

“Kenapa bakso, cwi mie dan durian ya? Ya karena tiga kuliner ini khasnya Malang,” papar Sutiaji disela pembukaan Festival Bakso, Cwi Mie dan Durian di depan Balai Kota Malang.

Dijelaskan Sutiaji, bakso sudah menjadi makanan khas Malang. Dan telah populer di seluruh Indonesia bahwa Bakso Malang memang paling enak.

Sementara Cwi Mie, meskipun bukan makanan asli Kota Malang, makanan ini sudah banyak sekali digemari warga Kota Malang. Tidak sedikit orang mencari Cwi Mie dan datang ke Malang.

Sementara durian, lanjut Sujiati merupakan buah yang tengah tren di kalangan masyrakat. Beberapa kali pesta durian sudah dilaksanakan di Kota Malang dan selalu digemari dan menarik perhatian warga.

“Harapannya kita angkat kuliner kuliner khas Malang yang jadi andalan kita. Sambil kita siapkan festival kuliner lebih besar lagi nanti beragam kuliner lainnya kita bawa,” tegas orang nomor satu di Kota Malang ini.

Sementara itu, Koordinator acara Sudaryono menambahkan, ada sekitar 91 stan yang mengisi festival.  Diberikan juga hiburan-hiburan musik seharian hingga semalaman. Festival yang disupport Malang Post ini juga mendatangkan puluhan pedagang durian. Pada pedagang itu sebelumnya mengisi acara Mendem Duren yang sering dilaksanakan di Kota Malang.

Pria yang akrab disapa Yono ini menjelaskan, untuk menambah perhatian warga untuk datang, panitia menyiapkan berbagai hiburan. Contohnya di pembukaan hari ini akam ada hiburan elekton dan penyanyi dangdut.

“Ada Sodik, juga kalau malam kita kasih akustikan”, papar Yono di kegiatan yang buka dari jam 8 pagi hingga berakhir 10 malam ini.(ica/ary)

  • Editor : ary
  • Uploader : hargodd
  • Penulis : ica
  • Fotografer : Firman

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Ancam Membunuh, Warga Tumpang Diamankan

Tiga Pejudi Remi Digrebek

Terapkan Sapta Pesona Untuk Menyambut Libur Lebaran

184 Minol Tak Berizin Disita

VIDEO