Semangat Literasi SMP Shalahuddin Malang, Manfaatkan e-Book, Membaca Makin Asik

  • 16-03-2019 / 14:32 WIB
Semangat Literasi SMP Shalahuddin Malang, Manfaatkan e-Book, Membaca Makin Asik LITERASI: Semangat literasi e-book berbasis digital dengan menggunakan tab atau gadget kini digalakkan di SMP Shalahuddin

GEMAR membaca adalah salah satu program literasi yang digencarkan sekolah untuk siswa. Agar kegiatan tersebut makin asik, terobosan dihadirkan SMP Shalahuddin Malang dengan program Literasi Digital. Di sekolah ini, siswa tidak hanya diajak membaca buku saja. Kegiatan membaca juga dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi e-book. Dengan aplikasi ini siswa tidak hanya membaca buku dengan buku cetak. Tetapi bisa menggunakan laptop atau HP dengan materi yang sudah disiapkan oleh guru. 

Kordinator Literasi SMP Shalahuddin Lia Noviana Qostantia, M. Pd mengatakan, e-book menjadi media yang menarik untuk siswa membaca. Jika selama ini hanya menggunakan buku paket atau buku cetakan, maka mulai awal semester ini program literasi juga menggunakan aplikasi internet.

“Ini cara baru kami mendongkrak semangat anak-anak, karena kalau terus-terusan dengan buku akan jenuh,” ucapnya.

Penggunaan HP hanya bisa diperbolehkan saat literasi digital. Setelah itu, HP kembali dikumpulkan ke guru dan bisa diambil saat waktu pulang sekolah. Lulusan Magister Pendidikan Universitas Negeri Malang ini menerangkan, sistem literasi berbasis digital merupakan sebuah inovasi untuk mendekatkan anak pada teknologi. Di era yang serba digital seperti saat ini, model pengajaran guru di sekolah pun harus disesuaikan dengan kemajuan zaman.

“Karena anak-anak hidup di era ini, maka kita coba konsep literasi yang kita kembangkan dengan model yang kekinian,” ungkapnya.

Kegiatan literasi di SMP Shalahuddin dilaksanakan dua kali dalam seminggu. Yakni pada Hari Rabu dan Kamis. Lima belas menit sebelum kegiatan belajar mengajar dilangsungkan, siswa diberikan kesempatan untuk membaca.

“Kita pilih waktu pagi, saat otak anak-anak masih fresh. Sehingga setelah membaca muncul ide atau gagasan yang bisa mereka tuangkan dalam tulisan,” jelasnya. 

Adapun bahan bacaan untuk kegiatan literasi adalah buku-buku fiksi. Sengaja buku fiksi yang dipilih, karena tahapan literasi di SMP Shalahuddin saat ini untuk menumbuhkan minat siswa membaca. “Kalau yang dibaca non fiksi, anak-anak akan enggan membacanya. Mereka butuh bacaan yang menarik, seperti dongeng, cerpen atau novel, tetapi tetap ada unsur pendidikannya,” papar Lia. 

Tugas siswa tidak hanya membaca. Mereka juga diminta oleh guru untuk merangkum dan mendiskripsikan apa yang telah dibaca dalam bentuk tulisan. Hasilnya ditandatangani oleh guru. “Kami juga laporkan hasil literasi anak pada orang tua, agar orang tua mengetahui sampai dimana kemampuan anaknya,” ucap Lia.

Ia menambahkan, ke depannya SMP shalahuddin akan membuat pojok baca. Dengan tujuan untuk mempermudah siswa membaca. Pojok baca juga dianggap sebagai tempat membaca yang nyaman dan lebih santai dari pada di perpustakaan.

“Kalau di pojok baca anak-anak bisa makan sambil membaca buku atau berdiskusi,” tuturnya. 

Ia juga mengatakan, guru akan memberikan reward bagi siswa yang rajin membaca buku. Penghargaan tersebut diberikan di akhir semester. “Karena agar anak senang membaca itu sulit, maka perlu kami berikan penghargaan bagi mereka yang gemar membaca,” tukasnya. 

Menurut Lia, program lieterasi harus dikembangkan. Sebab dengan membaca  wawasan siswa semakin luas. Dari buku, siswa bisa mengakses informasi yang belum diketahui.

“Siswa SMP Shalahuddin tidak boleh hidup di lingkupnya sendiri, mereka harus mengetahui dunia luas yang ada luar sana. Salah satunya dengan cara membaca,  agar mereka berkembang,” pungkasnya. (imm/oci)

  • Editor : oci
  • Uploader : irawan
  • Penulis : Imam W.
  • Fotografer : Imam W.

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Alfarizi is Back; Sangat Fit Tanpa Cedera

FISIP UMM Semakin Mantap Go International

Keseimbangan Hidup

Banyak Foto Keren, Pemenang Diumumkan Besok


GRATIS !!!

Untuk Berlangganan Berita Malang Post Online,
Ketik Nama dan Email di Form Berikut Ini.



VIDEO

-->