UPDATE NOW
UPDATE NOW

Mahasiswa Unikama Diajari Jadi Bos

  • 18-03-2019 / 17:52 WIB
  • Kategori:Kampus
Mahasiswa Unikama Diajari Jadi Bos

MALANG – Universitas Kanjuruhan Malang (UNIKAMA) gandeng Zilingo untuk beri wawasan ‘digital entrepeneur’ dalam ‘Digipreneur Training Program 2019’, Senin (18/3). Pelatihan ini diberikan seiring dengan adanya tren digitalisasi di berbagai bidang termasuk salah satunya bidang wirausaha.

Pelatihan ini diberikan kepada mahasiswa yang sudah menyelesaikan studinya, dan tengah menunggu proses wisuda. Melalui pelatihan ini, mereka diharapkan tidak hanya mencari peluang, namun mereka harus berani menciptakan peluang sendiri. Mengingat persaingan di dunia kerja yang kian hari kian kompetitif.

“Dengan berwirausaha mereka tidak perlu menjadi karyawan di perusahaan orang, mereka bisa jadi bos dan juga ciptakan lapangan kerja baru,” tutur Rektor UNIKAMA Dr. Pieter Sahertian sesaat sebelum membuka ‘Digipreneur Training Program 2019’.

Tren dunia usaha saat ini yang menggunakan teknologi digital melaju sangat pesat. Hal itu ditengarai dengan adanya fakta bahwa digitalisasi mampu menjawab tantangan dunia wira usaha menjadi lebih efisien dan inovatif.

Melalui proses digitalisasi wira usaha, atau yang kini lebih dikenal dengan e-commerce yang bahkan bisa menciptakan jaringan usaha dengan modal kecil atau juga bisa tanpa modal sama sekali. Inilah yang membuat e-commerce lebih cocok dengan kaum muda yang umumnya cenderung terkendala pada segi permodalan.

Pada e-commerce, salah satu yang sangat perlu diperhatikan adalah bagaimana cara menerapkan strategi pemasaran yang tepat dan sesuai. Karena dari kemudahan yang didapat melalui e-commerce, juga membuatnya memiliki cukup banyak kompetitor. Untuk itu, pada strategi pemasaran harus diterapkan kreativitas dan inovasi khusus agar mampu berkompetisi.

Salah satu cara untuk menerapkan strategi pemasaran paling umum dan mudah adalah menggunakan platform media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat saat ini yaitu media sosial. Namun selain itu, para perintis e-commerce juga bisa memanfaatkan aplikasi komersial yang sudah banyak tersedia.

“Kita bisa menggunakan platform yang sudah familiar digunakan oleh mahasiswa yaitu media sosial, ini bisa menjadi jembatan untuk menghadapi kendala dalam memulai ‘digipreneur’,” terang Manager Direct Selling Network Zilingo Eka Slamet Nugroho.

Pada pelatihan ini UNIKAMA menggandeng Zilingo yang merupakan ‘market place’ terbesar di Asia Tenggara dan dianggap mampu memperkaya wawasan mahasiswa dengan ‘digipreneur’. Pihak UNIKAMA sendiri berharap e-commerce menjadi alternatif bagi mahasiswa untuk merintis karir mereka.

“Tujuan dari pelatihan ini, pembekalan wira usaha bagi mahasiswa menjelang kelulusan mereka,” pungkas Kepala Pusat Pengembangan Karis (PPK) Khairul Bariyah, Mpd.

Setidaknya 300 mahasiswa dari lintas Program Studi berpartisipasi dalam ‘Gigipreneur Training Program 2019’ ini. Beberapa di antara mereka juga sudah merintis usaha di bidang e-commerce, salah satunya yaitu merintis bisnis e-commerce penjualan sepatu.(mg3/oci)

  • Editor : oci
  • Uploader : irawan
  • Penulis : Inasa
  • Fotografer : -

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

ComvaLion... Julukan Anyar Sylvano Comvalius

Wow... Comvalius Dikontrak Arema Dua Musim

Kontainer Bermuatan Sabu Diamankan Polisi di Tol Bakahueni

Hamili Anak Tiri, Ngaku Khilaf

Sepiring, Masakan Rumahan Suasana Kafe

800 Botol Bisa Buat Bangunan 3 x 3 Meter

Rute Rasa Berubah, Berlimpah Promo Menarik

VIDEO

-->