JKI Unggulan Prodi BK Unikama

  • 19-03-2019 / 19:44 WIB
  • Kategori:Kampus
JKI Unggulan Prodi BK Unikama Prodi BK Unikama bersama Prodi BK Universitas PGRI Yogyakarta (UPY).

MALANG – Program Studi (Prodi) Bimbingan dan Konseling BK Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) memiliki jurnal konseling yang sudah terakreditasi Science and Technology Index (SINTA) dari Kemenristek Dikti. Jurnal Prodi BK tersebut diberi nama Jurnal Konseling Indonesia (JKI) yang mewadahi penelitian-penelitian dari dosen maupun mahasiswa di Prodi BK.

Sejauh ini, prosentase jurnal yang diunggah adalah 60% dari penelitian dosen eksternal kampus, sedang sisanya diisi oleh karya penelitian dari dosen dan mahasiswa internal Prodi BK Unikama sendiri. JKI ini sudah mulai dirintis sejak tahun 2016, hingga pada akhirnya berhasil terakreditasi oleh SINTA pada tahun 2018. 

Jurnal BK yang akan diunggah akan melalui prosedur filter dari para reviewer baik itu dari internal Prodi Jurusan BK Unikama sendiri maupun juga dari reviewer eksternal. Prosedur tersebut menjadi standar khusus bagi penelitian yang akan di publish di JKI. Hal itulah yang membuat JKI ini banyak juga digunakan oleh dosen-dosen dari kampus lain.

“Jurnal itu banyak, kalau sudah terakreditasi di sini poinnya tinggi dan bisa untuk kenaikan pangkat,” terang Kaprodi Bimbingan dan Konseling Leny Latifah, M.Pd,Kons.

JKI menjadi salah satu keunggulan yang diraih oleh Prodi BK, selain dari berbagai capaian prestasi yang diukir oleh mahasiswa Prodi BK sendiri. Berbagai keunggulan tersebut membuat Prodi BK Unikama mendapat kunjungan dari Prodi BK Universitas PGRI Yogyakarta (UPY), Selasa (19/3).

Kunjungan dari Prodi BK UPY sendiri merupakan bagian dari agenda Kuliah Kerja Lapang (KKL), di mana setidaknya terdapat 104 mahasiswa turut hadir. Pada kesempatan kali ini, Prodi BK Unikama menyambut kunjungan Prodi BK UPY dengan menggelar Kuliah Umum. 

“Kami ingin memberikan sesuatu yang lebih (bermanfaat) pada kunjungan mereka ini, kami berdiskusi untuk sekaligus mengadakan kuliah umum,” imbuhnya pada tim Malang Post. (mg3/oci)

  • Editor : oci
  • Uploader : irawan
  • Penulis : Inasa
  • Fotografer : Inasa

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Toyota GR Supra Resmi dilaunching

Biar Kuat Begadang, Sopir Truk Nyabu

Kades Ternyang Ditetapkan Tersangka Kasus Perzinahan

Ritual Perkawinan Joko dan Sri Gondel di Kawisari

Acak Nomor Peserta, Cegah Praktik Joki Sistemik

MPLS SMPK Sanmar 2 Ditutup Dengan Inaugurasi

Pisah dari Song Joong-ki, Hye-kyo Tinggal di Vila Mewah

Sukses dengan Thor: Ragnarok, Waititi Kembali Garap Thor 4

Marcus/Kevin Kalahkan Ganda Putra Terbaik India