Pelaku Usaha atau Pemilik Gedung Wajib Punya SLF, Bisa Ajukan Lewat OSS

  • 20-03-2019 / 11:55 WIB
  • Kategori:Malang
Pelaku Usaha atau Pemilik Gedung Wajib Punya SLF, Bisa Ajukan Lewat OSS

 

MALANG- Pemerintah nampaknya makin ketat dalam memberlakukan aturan usaha. Saat ini memiliki usaha sederhana saja, pengusaha harus memiliki Sertifikat Laik Fungsi (SLF). Ini lah yang juga diterapkan di Kota Malang.

Hal ini disampaikan Kepala Seksi Bangunan Gedung, Bidang Cipta Karya DPUPR Kota Malang, Sahabuddin, ST, MT Beberapa menit lalu dalam Sosialisasi Sertifikat Laik Fungsi di Hotel Santika. 

Dijelaskannya segala usaha yang menggunakan bangunan sebagai tempat usaha harus memiliki SLF. Jika tidak memiliki SLF, Izin Mendirikan Bangunan (IMB) tidak dapat keluar.

"Ini merujuk pada aturan baru Permen PU No 19/PRT/M/ 2018 tentang Penyelenggaraan Izin Mendirikan Bangunan Gedung dan Sertifikat Laik Fungsi Bangunan Gedung Melalui Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik", tegas Sahabuddin.

Lebih lanjut ia mengutarakan adanya peraturan baru ini memberikan kewajiban bagi pelaku usaha untuk mengajukan perizinan usaha lewat Online Single Submission (OSS).

OSS adalah perizinan usaha yang diterbitkan oleh lembaga OSS untuk dan atas nama menteri, pemimpin lembaga, gubernur, atau bupati/walikota kepada pelaku usaha melalui sistem elektronik yang terintegrasi.

Sistem informasi terintegrasi ini digunakan untuk penerbitan IMB, SLF dan Sistem Pendataan Bangunan Gedung.

"Pelaku usaha yang mengajukan IMB melalui OSS wajib mengajukan permohonan SLF melalui Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung (SIMBG)", jelasnya.

Hingga saat ini terdapat kurang lebih 10 pelaku usaha mengajukan SLF. Akan tetapi SLF tidak hanya bagi pelaku usaha, yang utama sebenarnya adalah seluruh pengelola dan pemilik bangunan yang digunakan untuk kepentingan publik.

Dijelaskannya Sahabuddin dari 14.900 an gedung yang ada di Kota Malang. Yang memiliki SLF hanya 17 bangunan saja. (ica/bua)

  • Editor : bua
  • Uploader : slatem
  • Penulis : ica
  • Fotografer : Firman

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Ngaku Kurir, Dapat Komisi Rp 600 Ribu

Masak Seru di Mom & Kiddie Cooking Class

Nyoblos Ulang di TPS 17 Dapat Coklat

VIDEO

-->