UPDATE NOW
UPDATE NOW

Mahasiwa UMM dan Singapore Polytechnic Bantu Permasalahan UMKM Kopi, Telur dan Madu

  • 20-03-2019 / 17:50 WIB
  • Kategori:Kampus
Mahasiwa UMM dan Singapore Polytechnic Bantu Permasalahan UMKM Kopi, Telur dan Madu Tim Kopi 2 program Learning Express (LeX) memaparlan hasil temuannya dan solusi yang dimiliki kepada para pengunjung pameran

MALANG - Setelah hampir dua minggu mentabulasi banyak masalah dari sejumlah Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Malang dan Batu, kelompok gabungan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan siswa Singapore Polytechnic memamerkan sejumlah prototype inovatifnya. Berbagai prototype ini dipamerkan pada penutupan program Learning Express (LeX) di Auditorium UMM, Rabu (20/3) tadi pagi.

Untuk dapat membuat prototype yang efisien, mereka harus melakukan survey primer ke lokasi dan ikut serta berbaur dengan masyarakat. Bahkan mereka menghabiskan waktu 3 hari 2 malam untuk memperdalam riset yang mereka lakukan. Beberapa prototype yang dipamerkan pada acara ini di antaranya solusi marketing kopi, mesin pencuci telur asin, alat pemetik biji kopi serta inovasi lainnya.

Salah satu Tim Kopi 2, Ririn Anggraini, memaparkan yang dilakukan bersama mahasiswa UMM dan Singapore Polytechnic lainnya tersebut berdasarkan merupakan kegiatan sosial mengenai permasalhana yang tidak disadari oleh petani maupun owner produk kopi.

"Permasalahan yang kerap menjadi kendala mereka adalah marketing, mereka tidak begitu familiar dengan online marketing sehingga menghambat produk mereka (Kopilos) untuk berkembang," tutur Ririn.

Masyarakat di Desa Boro Karangan Karangploso mengandalkan transaksi langsung atau face to face dari kedai ke kedai kopi lainnya. Meski merek menggunakan pesan singkat Whatsapp dan Facebook namun pemasaran tidak maksimal sehingga tidak terjadi peningkatan produksi.

"Untuk itu kami yang terdiri dari 7 mahasiswa UMM dan 7 Mahasiswa Singapore Polytechnic memberikan solusi terkait online marketing, membuatkan web penjualan yang efektif dan memberikan edukasi pengemasan produk," paparnya. 

Kemasan yang disarankan oleh Tim Kopi 2 yakni dengan menyajikan informasi lengkap mengenai produk pada kemasan. Karena kemasan yang digunakan Kopilos sangat sederhana hanya ada jenis kopi dan nama brand, sehingga membuat pembeli harus meraba-raba produk tersebut.

"Kemasan yang bagus itu ada informasi seperti ketinggian daerah, petani kopi, tingkat keasaman kopi, tingkat kadar air kopi, tingkat roasting (coffee beans), sedangkan kopi bubuk itu ditambahkan info unik khas dr Kopilos itu apa saja," tegas Ririn.

Standar Operasional Prosedur (SOP) juga turut diberikan kepada Kopilos. Lantaran Kopilos tidak hanya memproduksi namun juga kerap kali dijadikan tempat edukasi seperti  sehinngga ke depan ketika ada pelajar atau mahasiswa yang berkunjung, Kopilos sudah memiliki patokan atau standar yang jelas.

Sementara itu, Wakil Rektor I UMM Prof. Dr. Syamsul Arifin, M.Si, kerjasama ini akan sangat penting untuk ikatan kedua negara serumpun.

Sementara itu, Program Officer International Relation Office (IRO) UMM, Ambika Putri Perdani, mengatakan, program inovasi sosial ini sekilas serupa dengan program Kuliah Kerja Nyata (KKN). Bedanya, para peserta tidak sekedar melakukan pengabdian pada umumnya.

“Kita mempunyai modul sebagai acuan yang dinamakan Desain Thinking dan diadaptasi dari booklet Stanford dan MiT,” ungkap Ambika.

Terdapat 5 langkah yang menjadi acuan yang dimasukkan ke dalam modul yakni sense and sensibility, empathy study, define, ideation, prototyping dan co creation. Mereka menggunakan modul ini untuk mengidentifikasi user (klien, red.) apakah ada masalah. Baik itu di bidang marketing, bidang alat ataukah dalam bidang prossesing.

"Permasalahan yang mereka temukan saat di lapangan semuanya dipamerkan di kegiatan penutupan ini, sekaligus memberikan solusi terkait permasalahan tersebut” pungkas perempuan berhijab ini. (lin)

  • Editor : bua
  • Uploader : slatem
  • Penulis : lin
  • Fotografer : lin

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

ComvaLion... Julukan Anyar Sylvano Comvalius

Wow... Comvalius Dikontrak Arema Dua Musim

Kontainer Bermuatan Sabu Diamankan Polisi di Tol Bakahueni

Hamili Anak Tiri, Ngaku Khilaf

Sepiring, Masakan Rumahan Suasana Kafe

800 Botol Bisa Buat Bangunan 3 x 3 Meter

Rute Rasa Berubah, Berlimpah Promo Menarik

VIDEO

-->