Ekraf Jadi Sasaran RKPD 2020

  • 21-03-2019 / 14:19 WIB
  • Kategori:Malang
Ekraf Jadi Sasaran RKPD 2020

MALANG- Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) biasanya terfokus pada pembangunan infrastruktur. Akan tetapi tidak di Kota Malang. RKPD 2020 Kota Malang dikatakan fokus pada pengembangan SDM warga melalui sektor Ekonomi Kreatif (Ekraf).

Hal ini disampaikan tegas Wali Kota Malang Drs H Sutiaji dalam Musrenbang RKPD 2020 Peningkatan Kualitas Sumberdaya Manusia dan Infratsruktur Untuk Menopang Pertumbuhan Perekonomian dan Perlindungan Sosial Yang Berkeadilan tadi siang di Hotel Savana. 

"Kita akan fokus di ekonomi kreatif. Karena arah pembangunan saat ini harus didorong serba digital. UMKM kita harus sudah bersentuhan dengan digitalisasi", tegas Sutiaji.

Disampaikannya pula arah pembangunan yang dibahas dalam musrenbang ini akan menjadi pedoman kinerja Pemkot Malang tahun 2020.

Maka dapat dimaksudkan kinerja seluruh OPD hingga 2020 nanti harus mengedepankan pembangunan sumber daya dan ekonomi berbasis digital.

"Semuanya harus saling topang menopang. Perencanaan mulai dari bawah hingga atas. Melibatkan seluruh stakeholder agar inovasi terlahir dengan mudah", papar walikota berkacamata ini.

Orang nomor satu Kota Malang ini menyebut rencana rencana yang akan dilakukan di 2020. Seperti pembangunan rumah kreatif, penerapan sistem terintegrasi pembinaan ekraf tiap kecamatan hingga rencana pembentukkan kawasan kayu tangan sebagai city walk dan pusat ekraf.

Diharapkannya pembahasan RKPD Kota Malang 2020 ini menjadi wadah seluruh stakeholder yang ada untuk memberikan aspirasinya. Agar tertuang dan dipertimbangkan dalam rancangan kerja.

Sementara itu Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Barenlitbang) Kota Malang Erik Setyo Santoso memaparkan Musrenbang RKPD akan menjadi dasar vital rancangan kerja OPD di 2020 yang kemudian akan menjadi dasar rencana kerja dan anggaran di 2020.

"Maka ini penting sekali. Tentunya sumbangsih pikiran masyarakat sangat dibutuhkan", tegas Erik dihadapan 300 undangan berasal dari berbagai kalangan seperti akademisi, pengusaha, kelompol sosial masyrakat dan lainnya.

Disampaikan lagi jika Musrenbang RKPD Kota Malang 2020 ini memfokuskan beberapa sektor sejalan dengan visi misi walikota. (ica)

  • Editor : bua
  • Uploader : irawan
  • Penulis : ica
  • Fotografer : Ipunk

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Buktikan Pavel!, Bawa Arema FC Naik Level

JUmat Muda

Polisi Tangkap Nunung Terkait Narkoba

Sebelum Meninggal, Penjaga Rumah di Perum Araya Muntah Darah

7 Varian Pizza dan Pasta Amerika-Eropa

Ritual Perkawinan Joko dan Sri Gondel di Kawisari

Hastag Mandiri Eror Ramai di Twitter

Pendaftaran Jalur Mandiri Polinema Masih Dibuka

Pisah dari Song Joong-ki, Hye-kyo Tinggal di Vila Mewah

Jadwal Semifinal Indonesia Open 2019

Harga Tiket Perempat Final Indonesia Open 2019