trial_mode: on

FISIP UMM Semakin Mantap Go International

  • 21-03-2019 / 14:23 WIB
  • Kategori:Kampus
FISIP UMM Semakin Mantap Go International Dekan FISIP UMM, Dr. Rinikso Kartono, M. Si Beserta Para Wakil Dekan dan Kaprodi berbincang santai dengan delegasi dari Khon Kaen University, Thailand dalam diskusi untuk memperkuat kerjasama yang dijalin kedua belah pihak. (Imam Wahyudi/MP Online)

MALANG - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) semakin memantabkan lagkahnya untuk Go Internasional. Rabu (20/3), Dekan FISIP UMM berserta para Wakil Dekan dan Kaprodi melakukan pertemuan dengan pihak Khon Kaen University, Thailand. Isi pertemuan tersebut membicarakan langkah ke depan untuk semakin memperkuat hubungan kedua belah pihak yang telah terjalin selama lima tahun terakhir. 

Dekan FISIP UMM, Dr. Rinikso Kartono, M. Si mengatakan untuk go international pihaknya kini berupaya untuk mempersiapkan dua tahapan, yakni internatioal acreditation dan international competitiveness. “Saat ini kami sedang melakukan rintisan untuk go international dengan melakukan kerjasama dalam rangka mencapai dua tahapan itu,” ucapnya, kepada Malangpostonline.com. 

Rinikso menambahkan, FISIP UMM mempunyai target mencapai akreditasi internasional pada tahun 2025. Sedangkan untuk menjadi international competitiveness akan dicapai pada tahun 2030 mendatang. Adapun beberapa langkah yang telah dilakukan diantaranya  peningkatan SDM dosen, model pembelajaran dan riset internasional.  “Setidaknya di tahun 2025 ada dua prodi di FISIP UMM dengan akreditasi internasional,” ujarnya.   

Adapun dengan pihak Khon Kaen University Thailand, ada beberapa hal disepakati dalam rangka memperkuat hubungan kerjasama. Antara lain berkaitan dengan  penelitian, pertukaran dosen dan kelas internasional. Dan selama ini FISIP UMM telah memiliki rancangan program internasional. Seperti mahasiswa internasional dan kajian international. 

Adapaun kelas internasional yang sudah berjalan sejauh ini yaitu kelas bagi mahasiswa Australia. Dan mulai tahun ini FISIP UMM juga telah membuka kelas internasional bagi mahasiswa Thailand. “Setahun lagi kita akan  buka kelas kita sendiri di Thailand. Dan kerjasama ini kami akan perluas ke negara-negara lain di Asia, dengan program jangka pendek selama satu semester dengan sistem transfer kredit,” terangnya. 

Selain itu, lanjut Rinikso, penguatan kerjasama dengan diseminasi hasil risert. Yaitu pertukaran hasil riset yang berguna bagi kedua belah pihak.  “Dunia sudah ada di genggaman kita. Jadi omong kosong kita bicara tentang global tapi kita sendiri masih di lokal, maka kita harus segera maju ke tingkat dunia,” tegasnya. 

Usai diskusi di tingkat fakultas, agenda kunjungan dilanjutkan ke seminar kuliah tamu internasional. Dalam hal ini Prof. Dr. Vissanu Zumitzavan dari Khon Kaen University Thailand sebagai Nara Sumber di kegiatan yang dilaksanakan di GKB IV Lantai 9 Kampus 3 UMM tersebut. Kuliah tamu digelar oleh Prodi Ilmu Pemerintahan FISIP UMM. Muhammad Kamil, S.IP., MA., selaku Ketua Prodi mengatakan seminar dilaksanakan untuk memberikan  wawasan kepada mahasiswa tentang tata kelola fiskal. 

Sebab menurutnya, pengetahuan tentang manajemen keuangan penting untuk diketahui secara mendalam oleh mahasiswa Ilmu Pemerintahan. “Ini sebagai upaya untuk mendukung pemerintah agar selalu efektif dalam menata keuangan negara, baik yang berasal dari pajak daerah dan sebagainya,” ucap Kamil. 

Pengetahuan mahasiswa Prodi Ilmu Pemerintahan dalam bidang tata kelola fiskal nantinya diharapkan memberikan manfaat terhadap administrasi keuangan. Pengetahuan tentang tata kelola fiskal yang didapat dari kuliah maupun seminar bisa diterapkan saat menjalankan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu dengan riset dan pengabdian masyarakat. 

Dan ketika lulus, mahasiswa Imu Pemerintahan FISIP UMM diharpakan dapat mengimplementasikan ilmunya di tempat mereka bekerja. “Karena mereka the next leader, maka harus tahu bagaimana pola manajemen fiskal yang baik dan efektif. Minimal mereka menjadi konsultan tata kelola keuangan untuk berkontribusi pada negara,” terangnya. (imm)

  • Editor : bua
  • Uploader : irawan
  • Penulis : Imam W.
  • Fotografer : Imam W.

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI