Sirkuit Mandalika Dijamin Aman oleh Pengelola MotoGP

  • 21-03-2019 / 17:28 WIB
  • Kategori:All Sport
Sirkuit Mandalika Dijamin Aman oleh Pengelola MotoGP Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat dalam sebuah rancangan (Crash)

Rencana mewujudkan MotoGP Indonesia kian mendekati kenyataan. Kali ini Dorna selaku penyelenggara kompetisi memberi jaminan aman terhadap Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat.

Sebelumnya banyak yang meragukan rencana pembangunan sirkuit ini. Sebab lintasan berada di tengah jalan raya dan dekat dengan keramaian.

Publik khawatir akan keselamatan para pembalap. Pasalnya sirkuit jalan raya tidak memiliki lebar yang besar untuk memperlambat laju motor. Hal ini bisa dilihat pada Sirkuit Monaco yang digunakan untuk kompetisi Formula 1.

Namun kecemasan itu coba diredakan oleh Mark Hughes, Konsultan MRK1 yang berkecimpung dalam pengembangan sirkuit. Ia menjamin Sirkuit Mandalika sesuai dengan standar dari MotoGP.

"Kami sangat sadar ketika membicarakan proyek ini. Banyak alasan yang skeptis terhadap konsep dari Sirkuit Mandalika. Kami perjelas bahwa lintasan telah didesain dan akan dibangun sesuai standar keselamatan FIM (Federation Internationale de Motocyclisme) untuk MotoGP, " ucapnya dikutip dari Crash.

Hal senada juga diungkapkan CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta. Dia yakin pembangunan sirkuit sudah diperhitungkan secara matang.

"Kami selalu berkata bahwa tidak akan balapan di sirkuit jalan raya. Tetapi tempat ini memiliki seluruh fasilitas, dimana berada di tengah kota dan seluruh hotel akan berada dekat. Namun juga memiliki pengamanan penuh untuk para pembalap," tuturnya.

Dengan demikian potensi kecelakaan besar dapat dihindari. Jika berjalan sesuai rencana, Sirkuit Mandalika bisa digunakan pada 2021 mendatang.

Editor : bua
Uploader : slatem
Penulis : JPC
Fotografer : JPC

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU