Jangan Pernah Tulis Nomer Pin di Kartu ATM, Bisa Teman Makan Teman

  • 21-03-2019 / 18:23 WIB
  • Kategori:Hukum Kriminal
Jangan Pernah Tulis Nomer Pin di Kartu ATM, Bisa Teman Makan Teman

MALANG- Seorang warga Jalan Kembang Kertas, Kota Malang, ECK, 45, terpaksa harus berurusan dengan pihak kepolisian. Pasalnya, ia telah nekat membobol ATM milik salah sorang temannya. Jadilah teman makan teman. Hasil pencurian pun digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan berfoya-foya. 

Kasat Reskrim Polres Makota, AKP Komang Yogi Arya Wiguna mengungkapkan, aksi pelaku bermula ketika ia sedang mengunjungi rumah temannya yang berinisial RAS, 45 warga Jalan Jaksa Agung Suprapto, Kota Malang. "Ketika berada disana, pelaku kemudian melihat kartu ATM korban yang ada di bawah kursi," terang dia dalam rilis resmi, Kamis (21/3).

Bukannya memberi tahu temannya, pelaku saat itu justru malah mengambil ATM tersebut dan langsung membawanya kabur. "Ternyata, pada kartu ATM korban, juga tertera nomor pin," kata dia.

Sehingga, pelaku langsung menuju mesin ATM dan mencoba mengoperasikan kartu ATM tersebut. Pelaku pun kemudian mencoba mengambil uang. "Ini dilakukan secara berangsur-angsur selama 8 hari. Ia melakukan penarikan tunai di tempat yang berbeda-beda. Total kerugian korban sekitar Rp 17 juta," urai Komang. 

Ketika melakukan penarikan uang, pelaku mengambilnya dalam jumlah yang tak menentu, ada yang ratusan ribu hingga jutaan rupiah. "Uang hasil pencurian tersebut digunakan untuk kebutuhan sehari-hari dan membeli perhiasan," jelas Komang.

Peristiwa pencurian tersebut berhasil diungkap oleh pihak kepolisian berkat laporan dari korban. "Korban baru menyadari bahwa ATM-nya hilang setelah beberapa hari kemudian. Korban juga mengingat-ingat siapa yang datang ke rumahnya dan kami lakukan penyelidikan," jelas Komang.

Berdasarkan hasil penyelidikan tersebut, polisi akhirnya menangkap pelaku. "Kami juga mendapatkan barang bukti berupa CCTV dari pihak bank. CCTV itu merekam pelaku ketika melakukan penarikan uang," imbuh Komang.

Atas perbuatannya tersebut, ECK harus mendekam di balik jeruji besi. Ia dikenakan Pasal 362 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. (tea/bua)

  • Editor : bua
  • Uploader : slatem
  • Penulis : tea
  • Fotografer : Ipunk

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Toyota GR Supra Resmi dilaunching

Final Futsal PIONIR IX, Tim Kesehatan Digebuk Suporter Marah

Ritual Perkawinan Joko dan Sri Gondel di Kawisari

Acak Nomor Peserta, Cegah Praktik Joki Sistemik

MPLS SMPK Sanmar 2 Ditutup Dengan Inaugurasi

Pisah dari Song Joong-ki, Hye-kyo Tinggal di Vila Mewah

Sukses dengan Thor: Ragnarok, Waititi Kembali Garap Thor 4

Marcus/Kevin Kalahkan Ganda Putra Terbaik India