Garuda Indonesia Batalkan Pemesanan 49 Pesawat Boeing 737 Max 8

  • 22-03-2019 / 20:59 WIB
  • Kategori:Ekonomi
Garuda Indonesia Batalkan Pemesanan 49 Pesawat Boeing 737 Max 8

Mp Online - Insiden tragis yang terjadi pada pesawat 737 Max 8 membuat si produsen, Boeing kerja keras. Berbagai tekanan ke pabrikan asal Amerika Serikat (AS) itu-pun membuat customer mereka juga meradang. Penyebabnya, para maskapai tak ingin kehilangan konsumennya.

Sebagaimana diketahui, Pesawat 737 Max 8 mengalami dua insiden tragis. Pertama, terjadi pada pesawat Lion Air JT-610 yang terjatuh di Perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, Oktober 2018. Kemudian kecelakaan kedua terjadi di Addis Ababa, tidak lama setelah pesawat Ethipian Airlines lepas landas.

VP Corporate Secretary PT Garuda Indonesia Ikhsan Rosan mengatakan, pihaknya telah mengirimkan surat ke pihak Boeing terkait keinginan pembatalan tersebut sejak pekan lalu.

"Kita sudah mengirimkan surat ke boeing yang isinya permintaan pembatalan 737 Max 8 sebanyak 49 unit yang sisa pemesanannya. Mereka belum respon," ujarnya saat dihubungi JawaPos.com, Jumat (22/3).

 

Meski belum direspon, lanjut Ikhsan, Garuda telah dihubungi oleh pihak Boeing. Mereka mengatakan berencana untuk menemui pihak Garuda untuk membicarakan tindak lanjut surat pembatalan tersebut.

"Mereka akan datang ke Jakarta. Pekan depan Maret (rencananya)," tuturnya.

Perihal besaran nilainya, Ikhsan tidak bisa menjelaskan lebih lanjut. Hanya saja, harga pembeliannya sama dengan harga yang telah dikeluarkan pihak Boeing.

Dikutip dari situs Statista, Boeing punya banyak jenis pesawat. Termahal adalah tipe 777-9, yang dijual rata-rata di harga USD 442,2 juta atau setara Rp 6,19 triliun (kurs: Rp 14.000/dolar AS), dan termurah adalah tipe 737-700 yang dijual rata-rata USD 89,1 juta atau setara Rp 1,2 triliun. 

Untuk pesawat tipe 737 MAX 8 dijual rata-rata dengan harga USD 121,6 juta atau sekitar Rp 1,7 triliun per unit. Boeing tipe 737 adalah salah satu tipe pesawat Boeing paling laku. (JPC/MPOL/bua)

  • Editor : bua
  • Uploader : irawan
  • Penulis : JPC
  • Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Buktikan Pavel!, Bawa Arema FC Naik Level

JUmat Muda

Polisi Tangkap Nunung Terkait Narkoba

Sebelum Meninggal, Penjaga Rumah di Perum Araya Muntah Darah

7 Varian Pizza dan Pasta Amerika-Eropa

Ritual Perkawinan Joko dan Sri Gondel di Kawisari

Hastag Mandiri Eror Ramai di Twitter

Pendaftaran Jalur Mandiri Polinema Masih Dibuka

Pisah dari Song Joong-ki, Hye-kyo Tinggal di Vila Mewah

Jadwal Semifinal Indonesia Open 2019

Harga Tiket Perempat Final Indonesia Open 2019