92.331 Siswa Lulus SNMPTN 2019, Ada Info Penting dari Menristekdikti

  • 22-03-2019 / 21:04 WIB
  • Kategori:Kampus
92.331 Siswa Lulus SNMPTN 2019, Ada Info Penting dari Menristekdikti

MP Online - Sebanyak 92.331 siswa dinyatakan lulus seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) 2019. Siswa bisa mengecek pengumuman tersebut di website http://pengumuman.snmptn.ac.id/. 

“Jumlah peserta yang dinyatakan lulus seleksi pada 85 PTN se-Indonesia sebanyak 92.331 siswa, termasuk 26.217 siswa dari peserta Bidikmisi. Jumlah tersebut merupakan hasil seleksi dari jumlah pendaftar sebanyak 478.608 siswa,” ujar Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir di kantornya, Jumat (22/3).

Dia menerangkan, beberapa hal yang harus diperhatikan. Antara lain peserta lulus wajib hadir pada saat registrasi atau daftar ulang pada waktu dan tempat, sesuai dengan ketentuan masing-masing PTN.

“Lihat pengumuman di website masing-masing PTN tujuan. Kehadiran pada saat registrasi menentukan proses verifikasi dan status penerimaan peserta SNMPTN 2019 sebagai mahasiswa di PTN tujuan,” tuturnya.

 

Nasir menegaskan, peserta yang dinyatakan SNMPTN 2019 memenuhi syarat dan ketentuan lolos verifikasi data akademik, yakni rapor dan portofolio asli serta menunjukkan ijazah/Surat Keterangan Tanda Lulus (SKTL) asli dan persyaratan lain, yang akan dilaksanakan oleh PTN tempat Peserta SNMPTN diterima.

“Bagi Peserta Bidikmisi harus lolos verifikasi terhadap data akademik dan verifikasi data ekonomi melalui dokumen dan/atau kunjungan ke alamat tinggal peserta,” terang dia.

Sementara itu, peserta yang lulus SNMPTN juga tidak boleh mendaftar kembali dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019. “Bagi para peserta SNMPTN yang telah dinyatakan lulus tidak diperbolehkan mendaftar SBMPTN,” tegas Nasir.

Adapun siswa yang tidak lulus dipersilakan mendaftar Ujian Tulis Berbasis Kompetensi (UTBK) gelombang I. Nilai UTBK digunakan siswa untuk mengikuti SBMPTN.

Pendaftaran UTBK gelombang I sendiri akan ditutup pada Minggu (24/3) pukul 22.00 WIB. Sedangkan gelombang II akan dimulai pada Senin (25/3) pukul 10.00 dan akan ditutup pada Senin (1/4) mendatang. (JPC/MPOL/bua)

  • Editor : bua
  • Uploader : irawan
  • Penulis : JPC
  • Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Buktikan Pavel!, Bawa Arema FC Naik Level

JUmat Muda

Polisi Tangkap Nunung Terkait Narkoba

Sebelum Meninggal, Penjaga Rumah di Perum Araya Muntah Darah

7 Varian Pizza dan Pasta Amerika-Eropa

Ritual Perkawinan Joko dan Sri Gondel di Kawisari

Hastag Mandiri Eror Ramai di Twitter

Pendaftaran Jalur Mandiri Polinema Masih Dibuka

Pisah dari Song Joong-ki, Hye-kyo Tinggal di Vila Mewah

Jadwal Semifinal Indonesia Open 2019

Harga Tiket Perempat Final Indonesia Open 2019