Soroti Jalan Desa Rusak, Dewan Desak Dinas Perhubungan Melakukan Pemetaan

  • 24-03-2019 / 16:39 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Soroti Jalan Desa Rusak, Dewan Desak Dinas Perhubungan Melakukan Pemetaan Jalan Dusun Gebyak, Desa Purwoasri yang rusak parah akibat kerap dilewati kendaraan bermuatan berat. (Ira Ravika/MP Online)

MALANG - Banyaknya jalan desa rusak di wilayah Kabupaten Malang mendapat sorotan serius dari anggota DPRD Kabupaten Malang. Terlebih kerusakan jalan tidak hanya disebabkan karena genangan air, saat musim penghujan. Tapi disebabkan oleh banyaknya kendaraan berat yang melintas di jalan yang tak sesuai kapasitasnya.

"Ini yang menjadi sorotan kami sejak dulu. Banyak kendaraan berat melintas di jalan desa, yang tentunya kualitas jalannya tak memadai untuk dilewati oleh kendaraan berat, sehingga jalan pun cepat rusak. Lantaran itu, Pemerintah Kabupaten Malang dalam hal ini Dinas perhubungan untuk membuat rambu-rambu lalulintas, di titik atau ruas jalan tertentu, tak boleh dilewati kendaraan berat," kata Ketua Komisi DPRD Kabupaten Malang, Didik Gatot Subroto. 

Dalam menentukan rambu-rambu, Dinas Perhubungan diharapkan bisa bersinergi dengan Dinas Pekerjaan Umum Binamarga. "Kualitas jalan yang tahu adalah Dinas PU Binamarga. Jadi harus ada sinergi, mana jalan yang boleh dilewati kendaraan berat atau jalan yang tidak boleh," ungkap Didik.

Mantan Kades Tunjungtirto, Kecamatan Singosari ini menyebutkan, jika selama ini tidak ada aturan untuk kendaraan melintas. Bahkan banyak, kendaraan berat dengan membawa beban berat melintas di jalan desa.

"Kalau terus begitu, maka anggaran dari Dinas PU Binamarga habis hanya untuk pemeliharaan dan perbaikan saja. Dari fakta itu, maka harus ada aturan yang mengatur memang. Salah satunya dengan menempelkan rambu-rambu lalulintas berupa tanda larangan melintas, untuk kendaraan berat di jalur-jalur tertentu," tambahnya.

Selain itu, dikatakan politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini, Dinas Perhubungan, juga harus dapat melakukan pemetaan jalan. Dengan pemetaan itu, maka dapat diketahu, jalur-jalur mana yang dapat dilewati kendaraan berat, atau jalur mana yang tak bisa dilewati. (ira/bua)

  • Editor : bua
  • Uploader : irawan
  • Penulis : ira
  • Fotografer : ira

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Pabrik Sol Sepatu Terbakar, 5 Menit Padam

Masak Seru di Mom & Kiddie Cooking Class

Nyoblos Ulang di TPS 17 Dapat Coklat

VIDEO

-->