Berikan Semangat, Komunitas Worlds Ajak ABK Jalan Sehat

  • 24-03-2019 / 18:13 WIB
  • Kategori:Malang
Berikan Semangat, Komunitas Worlds Ajak ABK Jalan Sehat

MALANG-Ratusan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) berkumpul di Kantor House of Fatima Child Center, Jalan Sumbing 10 Kota Malang, Minggu (24/3). Kegiatan yang diselenggarakan oleh Komunitas Worlds (Walk Together and Love People With Down Syndrome) ini mengajak anak-anak tersebut untuk jalan sehat dan sarapan pagi bersama untuk memperingati Hari Down Syndrom yang jatuh setiap tanggal 21 Maret. 

Psikolog Klinis, Suyanto mengungkapkan, acara tersebut digelar juga untuk menjalin silaturahmi dengan 200 anggota Komunitas Worlds, yang terdiri dari ABK dengan orang tuanya, pemerhati, dokter hingga psikolog. "Selama ini, kami saling memberikan support dan juga berbagi kegiatan untuk memberikan semangat kepada ABK kalau mereka juga mampu dan bisa berkarya," jelas pria yang akrab disapa Yanto ini. 

Sebelumnya, Komunitas Worlds juga melakukan rangkaian acara lain. Seperti yang dilakukan di Graha Medika Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang belum lama ini. "Disana, kami ingin menampilkan kegiatan anak-anak. Seperti main ketipung, menari hingga lomba fashion," terang dia.

Hal tersebut bertujuan untuk membangkitkan semangat atau motivasi ABK untuk berinteraksi dengan banyak orang. "Sehingga, bentuk aktualisasi diri mereka lebih bagus. Dalam hal ini, support orangtua sangat dibutuhkan," kata dia.

Selain itu, pada rangkaian acara tersebut, juga diadakan pelatihan pengolahan tahu bagi orang tua ABK. "Hal ini merupakan salah satu cara kami untuk memberdayakan orangtua ABK. Kami memberi bekal usaha atau produk yang bisa dibuat sendiri di rumah," imbuh Dokter Ariani, Dokter Spesialis House of Fatima Child Center. 

Menurutnya, dalam merawat ABK membutuhkan ekstra tenaga dan waktu hingga terbiasa. Oleh karena itu, Ariani merangkul mereka untuk mengembangkan dirinya. "Siapa tahu, mereka punya keterampilan dan bisa membantu perekonomian. Apalagi, tahu juga bisa dibuat segala macam olahan. Lebih bermanfaat mudah dan juga murah," tandas dia. (tea/bua)

  • Editor : bua
  • Uploader : irawan
  • Penulis : tea
  • Fotografer : Ipunk

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Penyerang Sopir Bus Diperiksa Kejiwaannya

JPU Tuntut Vanessa Angel 6 Bulan Penjara

Elegan, Makanan Penutup Berbentuk Cerutu Kuba

VIDEO