UPDATE NOW
UPDATE NOW

Terbanyak Diterima dari SMAN 5

  • 25-03-2019 / 04:06 WIB
  • Kategori:Kampus
Terbanyak Diterima dari SMAN 5 DAFTAR ULANG: Para peserta SNMPTN yang lolos mendaftar ulang saat diterima di Universitas Brawijaya seperti yang dilakukan tahun lalu.

MALANG- Sebanyak 450 siswa SMA negeri di Kota Malang lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Dari 11 SMAN yang ada, SMAN 5 Ma­lang merupakan sekolah yang siswanya terbanyak lulus SNMPTN. Jumlahnya sebanyak 69 siswa.

Kemudian disusul SMAN 1 sejumlah 59 siswa dan SMAN 3 sebanyak 58 murid. Namun hasil tersebut belum final terhimpun di masing-masing sekolah. Jumlah tersebut diperoleh Malang Post dari sumber terpercaya.

Kepala SMAN 3 Malang, Asri Widiapsari, M.Pd menyampaikan, hasil tersebut masih sementara. Kepastiannya akan diketahui pada Senin (25/3) hari ini. Kuota 40 persen jalur SNMPTN dari keseluruhan siswa kelas XII sebanyak 114 anak,  tidak seluruhnya ikut mendaftar.

“Sebagian ingin melanjutkan studi ke luar negeri dan sebagian menunggu pendaftaran STAN,” ungkap Asri.

Dari 58 peserta didiknya yang lolos SNMPTN tersebut,  secara rinci yakni 11 siswa diterima di ITB, 11 di UGM, tujuh siswa di ITS, 22 anak diterima di UB dan tiga siswa ke UM. Jumlah tersebut memang tidak sebanyak tahun lalu, lantaran dari segi persentase berkurang. Untuk sekolah terakreditasi A yang diperkenankan mendaftar ke SNMPTN sebesar 40 persen nilai terbaik dari keseluruhan siswa kelas XII di sekolah tersebut.

Asri melanjutkan, 58 siswa yang diterima jalur SNMPTN di beberapa perguruan tinggi ternama di Indonesia tersebut berarti sudah lebih 50 persen, dari total siswa SMAN 3 Malang yang ikut seleksi jalur ini.

“Selain kuota tahun ini berkurang, kita juga tidak bisa mengatakan sekolah mana yang paling banyak diterima SNMPTN. Pasalnya jumlah siswa yang mendaftar juga berpengaruh,” terangnya.

Kemudian pilihan perguruan tinggi dan jurusan yang dipilih juga turut memengaruhi diterima atau tidaknya pada jalur SNMPTN. Siswa yang sudah diterima jalur ini, nantinya  akan dikumpulkan. Orang tuanya juga, agar berkomitmen tidak mengundurkan diri dari SNMPTN.

Sedangkan bagi siswa SMAN 3 Malang yang belum diterima SNMPTN, sekolah menyiapkan program intensif untuk Ujian Tulis Berbasis Komputer  (UTBK) di masing-masing perguruan tinggi negeri. Tahun ini nilai UTBK menjadi syarat untuk bisa mendaftar di jalur lain. Yakni Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Sementara tahun lalu tidak demikian.

“Kita tawarkan aplikasi seperti SNMPTN untuk melihat jurusan dan passing grade bagaimana. Supaya mereka benar-benar yakin dengan pilihannya dan bisa mengerjakan soal UTBK dengan baik,” tegas Asri.

SNMPTN yang diumumkan pada Jumat (22/3) lalu menjadi momen bersejarah bagi siswa kelas XII yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Pasalnya untuk bisa menembus Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang diinginkan, siswa harus bersaing dengan ratusan ribu siswa dari penjuru daerah di Indonesia. Jumlah pendaftar mencapai 478.608 siswa, sementara yang diterima berada diangka 92.331 pendaftar.

Detik-detik menegangkan pengumuman SNMPTN dirasakan Edelweiss Ulima Ardianti. Siswi jurusan IPA di SMAN 8 Malang ini tidak menyangka bisa lolos lantaran rangkingnya pas diangka 40 persen di sekolahnya.

“Pas tau di terima di UB antara percaya dan tidak. Karena bukan termasuk rangking atas, jurusan yang saya ambil peluangnya juga kecil,” tutur Edelweiss. Ia diterima di program studi Teknik Lingkungan UB. Prodi tersebut dinilainya memiliki prospek kerja yang menjanjikan.

“Alhamdulillah meski peluangnya kecil bisa diterima, rasanya senang dan bersyukur,” tandasnya. (lin/van)

  • Editor : van
  • Uploader : angga
  • Penulis : lin
  • Fotografer : Ipunk

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

ComvaLion... Julukan Anyar Sylvano Comvalius

Wow... Comvalius Dikontrak Arema Dua Musim

Kontainer Bermuatan Sabu Diamankan Polisi di Tol Bakahueni

Hamili Anak Tiri, Ngaku Khilaf

Sepiring, Masakan Rumahan Suasana Kafe

800 Botol Bisa Buat Bangunan 3 x 3 Meter

Rute Rasa Berubah, Berlimpah Promo Menarik

VIDEO

-->