Perjuangkan Kesetaraan Perempuan

  • 25-03-2019 / 04:08 WIB
  • Kategori:lifestyle
Perjuangkan Kesetaraan Perempuan Ni Luh Putu Satvika

Perempuan harus maju, berkembang dan berani tampil. Sehingga, bisa setara dengan laki-laki. Keseteraan perempuan tanpa meninggalkan kodratnya. Itulah yang diperjuangkan Ni Luh Putu Satvika.

“Perempuan itu kan harus berdaya. Banyak orang masih me­remehkan itu. Karena itulah aku menseriusi isu kesetaraan gender. Itu juga selaras dengan bidang pendidikan ku saat ini di kebidanan,” papar finalis Putri Batik Nusantara 2018 ini.

Perempuan yang akrab disapa Vika ini menjelaskan, masih banyak kasus kekerasan perempuan dan anak-anak yang terjadi. Selain itu, diungkapnya dalam situasi sosial tertentu, perempuan dianggap lebih rendah dari laki-laki.

“Nah menurut ku,  sudut padang  tentang perempuan lebih rendah itulah yang membuat perempuan jadi objek KDRT hingga perdagangan wanita,” beber perempuan kelahiran Malang, 8 Maret 1996 ini.

Hal itu dipandangnya sangat miris. Apalag lanjut Vika, perempuan khusunya di pinggiran cenderung tidak memiliki pendidikan yang layak. Sehingga membuat seorang perempuan kurang mampu dalam mendidik anaknya.

Tak hanya masalah kebudayaan dan pendidikan. Diskriminasi membuat perempuan sebagai objek  status ekonomi. “Jadi ada banyak faktor penyebab perempuan dijadikan objek semata. Padahal perempuan itu kunci kedamaian dan keberhasilan keluarga,” tegas finalis Roro Kabupaten Malang 2014 ini.

Lebih dari itu, diungkap Runner Up 1 Duta Poltekkes Kemenkes Malang 2016 ini, masih banyak perempuan yang mengabaikan pentingnya pendidikan. Tak hanya di desa. Tapi juga diperkotaan.

Ia menggarisbawahi, karena kurangnya pendidikan dan masalah status ekonomi menjadi penyebab, banyaknya kekerasan dan pelecehan terhadap perempuan. Sehingga mahasiswa Program Studi Profesi Bidan, Poltekkes Kemenkes Malang ini, mengangkat isu tersebut ke permukaan.

Perempuan harus dibekali pendidikan yang tinggi. Dengan kualitas pendidikan tinggi dan lingkungan yang baik itulah, anak-anaknya kelak akan baik juga.

Vika mengajak semua kalangan untuk sama-sama peduli terhadap pentingnya peran perempuan dalam masyarakat. Ia sangat mendukung jika perempuan harus dibekali ketrampilan dan pengetahuan yang baik.

“Mari sama-sama berdiri setara. Dengan begitu tak hanya perempuan, tapi laki-laki juga ikut memberantas kekerasan dan pelecehan terhadap perempuan. Serta mengupasnya hingga tuntas,” pungkasnya. (eri/van)

  • Editor : van
  • Uploader : angga
  • Penulis : eri
  • Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Buktikan Pavel!, Bawa Arema FC Naik Level

JUmat Muda

Polisi Tangkap Nunung Terkait Narkoba

Sebelum Meninggal, Penjaga Rumah di Perum Araya Muntah Darah

7 Varian Pizza dan Pasta Amerika-Eropa

Ritual Perkawinan Joko dan Sri Gondel di Kawisari

Hastag Mandiri Eror Ramai di Twitter

Pendaftaran Jalur Mandiri Polinema Masih Dibuka

Pisah dari Song Joong-ki, Hye-kyo Tinggal di Vila Mewah

Jadwal Semifinal Indonesia Open 2019

Harga Tiket Perempat Final Indonesia Open 2019