Malang Raya Penentu Kemenangan

  • 25-03-2019 / 04:13 WIB
  • Kategori:Malang
Malang Raya Penentu Kemenangan arahan: Kasrem 083/BDJ, Letkol Arm Budi Santoso SH (dua dari kanan) memberi pengarahan usai gladi bersih pengamanan RI 1 di Lapangan Rampal.

MALANG-Pasangan Capres-Cawapres RI, Joko Widodo-KH Ma’aruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno serius menggarap Malang Raya. Petahana Jokowi dijadwalkan langsung kampanye di Malang, Senin (25/3) ma­lam nanti, persis pada hari kedua kampanye akbar.

Sedangkan Prabowo Subianto dijadwalkan April mendatang juga kampanye akbar di Malang. Na­mun selama ini,  pasangan cawapresnya Sandiaga Uno bo­lak balik blusukan di Malang Raya.

Para calon pemimpin RI itu memang harus mampir di Malang Raya untuk merebut sim­pati pe­milih. Apalagi kantong pemilihnya strategis bagi dua kontestan pilpres tersebut.

Sebab hampir tiga juta pemilih ada di wilayah ini. Rinciannya, sesuai daftar pemilih tetap (DPT) Kota Malang terdapat 623.185 pemilih, Kabupaten Malang 1.966.857 jiwa pemilih dan Kota Batu 154.826 pemilih. Selain jumlahnya banyak, latar belakang pemilihnya pun beragam.

Pakar politik UM Dr  Nuruddin Hady  SH MH  mengatakan, daerah pemilihan (dapil) Malang Raya memang strategis. Sebab pe­­milihnya sangat beragam dan jumlah pemilihnya sangat besar selain Surabaya, Banyuwangi dan Jember.Sehingga sangat berpengaruh bagi kemenangan capres-cawapres di Jatim.

Karena itulah untuk meraih kemenamgam di Jatim, tidak harus kampanye ke seluruh kabupaten dan kota. Tetapi cukup memenangkan di basis pemilih yang jumlah pemilihnya sangat besar.

“Pemilih di dapil Malang Raya mewakili kelompok sosial yang lengkap. Masyarakat perkotaan ada, warga pedesaan juga punya. Pendidikan pemilihnya beragam. Karena itulah salah satu barometer politik di Jatim ada di Malang,” kata dosen FIS Universitas Negeri Malang ini.

 

Target Suara 75 Persen untuk Jokowi

Jokowi di hari kedua kampanye akbar hari ini, dijadwalkan bertemu pendukungnya di Malang, setelah sebelumnya dari Banyuwangi dan Jember. Di Kota Malang, rencananya capres petahana itu hadir di GOR Ken Arok, nanti malam. Sesuai jadwal, capres nomor satu ini mendarat di Bandara Abd Saleh pukul 17.00 WIB. Istirahat sebentar lalu menuju GOR yang berlokasi di Kedungkandang itu.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim, Sri Untari mengatakan, kampanye indoor yang dihadiri Jokowi diharapkan menebalkan perolehan suara capres nomor satu di Malang Raya. Menurut Untari, Jokowi akan disambut para pendukung, dari partai koalisi, serta relawan dan simpatisan. GOR Ken Arok dipilih karena dianggap sebagai venue indoor yang bisa menampung banyak orang.

“Jatim itu hijau dan merah, tak ada kata Jatim tidak menang. Karena, demografi masyarakatnya mendukung semangat Jokowi-Amin. Target kami 75 persen dari total suara di Malang Raya,” papar Untari.

Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma’aruf Kota Malang, Ahmad Wanedi mengungkapkan, kehadiran Jokowi bakal menjadi obat bagi masyarakat Malang yang merindukan lawatannya.

Jokowi, sebelumnya sering dijadwalkan hadir di berbagai kegiatan relawan di Kota Malang. Namun, baru kali ini bisa hadir. Menurut Wanedi, kehadiran Jokowi akan menyemangati para kader partai politik koalisi, relawan dan simpatisan untuk memperkuat basis pendukung di Malang Raya.

“Kami kampanye sesuai aturan, dengan jumlah peserta kampanye sesuai kapasitas GOR Ken Arok, sekitar 3000-5000 orang. Tapi, kami mohon maaf kepada warga Malang dan pengguna jalan, bila nanti jumlahnya yang datang lebih dari itu,” ujar Wanedi.

Para simpatisan yang tidak bisa masuk ke dalam venue GOR Ken Arok, masih bisa menyaksikan kampanye indoor Jokowi. Karena, Wanedi yang juga ketua panitia dalam kampanye indoor sudah mempersiapkan tiga layar lebar. Sehingga, simpatisan di luar GOR, masih bisa mendengar dan melihat sosok Jokowi.

Ketua Tim Pemenangan Jokowi Ma Ruf Amin Kota Batu, Dra. Dewanti Rumpoko M.Si yang dihubungi terpisah mengatakan Jokowi memang dijadwalkan hadir di Malang.  

 

Ribuan Aparat Keamanan Siaga 

Jelang kedatangan Jokowi, Minggu (24/3) kemarin digelar apel dan gladi bersih di lapangan Rampal. Kasrem 083/BDJ, Letkol Arm Budi Santoso SH memimpin apel gladi bersih ini. Kapolres Makota, AKBP Asfuri mengungkapkan, pengamanan dari petugas kepolisian, berjumlah lebih dari 500 orang.

“Dengan rincian, 265 personel untuk pengamanan rute, serta 293 personel untuk pengamanan di GOR Ken Arok,” kata Asfuri didampingi Kasubbag Humas Ipda Ni Made Seruni Marhaeni, kepada Malang Post, kemarin. Sementara, TNI mengerahkan 1.300 personel yang disebar untuk pengamanan, didukung dari Pemkot Malang.

 

Prabowo Juga ke Malang

Pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dijadwalkan kampanye di Malang pada April bulan depan. Sekretaris Tim Pemenangan Prabowo-Sandi Kota Malang, Dito Arief mengatakan, pihaknya terus melakukan koordinasi.

Namun kehadiran Sandiaga Uno, Cawapres nomor dua, dianggap sudah memenuhi atensi tim kampanye. “Beberapa kali Mas Sandiaga Uno datang ke Malang, itu adalah bukti ada atensi terhadap para simpatisan maupun relawan paslon Capres-Cawapres nomor dua di Kota Malang,” kata Dito.

Tentang informasi kampanye Prabowo di Kota Malang, Dito menyebut koordinasi antara tim kampanye daerah dan pusat terus berjalan. Tujuannya untuk mempersiapkan kampanye Prabowo di Malang. 

Kehadiran Prabowo dan Sandiaga semakin membuat optimis meraih banyak suara dari Malang Raya. “Kami optimis meraih suara 55 persen. Ini sesuai kultur nasionalis religius  yang diwakili semangat paslon kami,” tambah Dito.

Ketua DPC Gerindra Kabupaten Malang, Chusni Mubarok, SH, MM menambahkan tentang jadwal kampanye Prabowo di Malang. “Kepastian jadwal masih menyesuaikan dengan agenda nasional, sedang kami sinkronisasikan dengan BPN. Tetapi sementara yang sudah terjadwal tanggal 14 April,” ungkap Chusni Mubarok.

Untuk lokasinya, menurut Chusni sedang dirumuskan. Kegiatan kampanye nantinya diisi dengan pidato kebangsaan. “Apakah nanti tempatnya di Gor Ken Arok Kota Malang, atau tempat lain masih dikoordinasikan. Namun yang pasti, untuk Malang Raya menjadi satu lokasi,” jelasnya.

Lebih lanjut, Chusni mengatakan bahwa Malang akan menjadi agenda terakhir dari kampanye Prabowo - Sandiaga di Jawa Timur. Pembukaan kampanye pasangan calon nomor urut dua ini, akan di buka di Delta Sidoarjo.

Selain pidato kebangsaan, Prabowo - Sandiaga juga akan menyapa warga untuk memaparkan visi dan misi. Hal ini supaya masyarakat paham dan mengerti apa yang dibawa oleh Prabowo- Sandiaga.

“Agenda pastinya adalah pidato kebangsaan dan menyapa konstituen. Sedangkan untuk road show tokoh, disesuaikan dengan jadwal serta waktunya. Kalau memang memungkinkan akan melakukan sowan atau kunjungan ke tokoh Malang Raya,” tuturnya.
Ketua Tim Pemenangan Prabowo-Sandiaga, Sutrisno SE  yang dihubungi terpisah mengatakan, pihaknya memasang target menang 60 persen. “Untuk target di Kota Batu 60 persen dari 154.826 pemilih. Pasalnya Kota Batu merupakan basis dari PDI Perjuangan,” katanya. (fin/mg2/agp/eri/van)

  • Editor : van
  • Uploader : angga
  • Penulis : agp
  • Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Toyota GR Supra Resmi dilaunching

Biar Kuat Begadang, Sopir Truk Nyabu

Kades Ternyang Ditetapkan Tersangka Kasus Perzinahan

Ritual Perkawinan Joko dan Sri Gondel di Kawisari

Acak Nomor Peserta, Cegah Praktik Joki Sistemik

MPLS SMPK Sanmar 2 Ditutup Dengan Inaugurasi

Pisah dari Song Joong-ki, Hye-kyo Tinggal di Vila Mewah

Sukses dengan Thor: Ragnarok, Waititi Kembali Garap Thor 4

Marcus/Kevin Kalahkan Ganda Putra Terbaik India