KPPU Telisik Potensi Perkara Soal Tiket Mahal Maskapai Penerbangan

  • 25-03-2019 / 19:52 WIB
  • Kategori:Ekonomi
KPPU Telisik Potensi Perkara Soal Tiket Mahal Maskapai Penerbangan

Sejak awal 2019, masyarakat dihebohkan dengan harga tiket pesawat yang mahal. Harga tersebut masih tinggi meski peak season sudah lewat. Namun, perkara tiket pesawat nyatanya bukan satu-satunya masalah yang menjerat maskapai yang beroperasi di dalam negeri tersebut.

Komisi Pengawas dan Persaingan Usaha (KPPU) menetapkan setidaknya ada 6 potensi perkara yang dapat menjerat maskapai yang menjual tiket pesawat domestik. Diantaranya, Garuda Indonesia Group, Lion Air Group, Sriwijaya Air dan Air Asia.

Komisioner KPPU Guntur Saragih mengatakan enam potensi perkara itu diantaranya mengenai tiket, kargo, rangkap jabatan, avtur dan dugaan penghilangan tiket. Tiga diantaranya masih dalam proses penelitian sedangkan tiga lainnya masuk ke dalam penyelidikan.

"Ada tiga yang masuk ke penyelidikan yaitu soal tiket, kargo dan rangkap jabatan. Sementara bagasi, avtur dan hilangnya tiket Air Asia masuk ke penelitian," terang Guntur di Kantornya, Jakarta, Senin (25/3).

Dikatakan Guntur, apabila ada cukup indikasi maka kasus akan naik tahap penyidikan. Dia menyebut ini merupakan rekor terbanyak bagi suatu industri dalam kasus dugaan persaingan usaha tidak sehat.

"Ini memang rekor kasus terbanyak di suatu industri dalam kurun waktu yang berdekatan," jelasnya.

Adapun, kata Guntur, bila ada dugaan kartel yang disangkakan itu bukan karena mengenai harganya yang tinggi. Tetapi apakah harga yang ditetapkan para maskapai itu diatur berdasarkan kesepakatan bukan mekanisme pasar.

"Dugaan kartel itu bukan naiknya sama tetapi apakah harga yang ditetapkan itu hasil kesepakatan bersama nilainya atau juga kategorinya dikurangi berdasarkan kesepakatan," jelasnya.

"Kita ketahui di industri penerbangan ada macam-macam kategori pricing. Itu juga berpotensi masuk ke pelanggaran," tuturnya.

  • Editor : bua
  • Uploader : slatem
  • Penulis : JPC
  • Fotografer : JPC

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Buktikan Pavel!, Bawa Arema FC Naik Level

JUmat Muda

Polisi Tangkap Nunung Terkait Narkoba

Sebelum Meninggal, Penjaga Rumah di Perum Araya Muntah Darah

7 Varian Pizza dan Pasta Amerika-Eropa

Ritual Perkawinan Joko dan Sri Gondel di Kawisari

Hastag Mandiri Eror Ramai di Twitter

Pendaftaran Jalur Mandiri Polinema Masih Dibuka

Pisah dari Song Joong-ki, Hye-kyo Tinggal di Vila Mewah

Jadwal Semifinal Indonesia Open 2019

Harga Tiket Perempat Final Indonesia Open 2019