Traveling, Borong Barang Duty Free

  • 25-03-2019 / 23:32 WIB
  • Kategori:Malang
Traveling, Borong Barang Duty Free Raisya Amalia

//Di sela-sela kesibukannya sebagai seorang MC, Raisya Amalia memiliki cara tersendiri untuk refreshing. Perempuan berusia 27 tahun itu memilih untuk traveling dengan berkeliling Indonesia, bahkan ke luar negeri.

Belum lama ini, Raisya bersama dengan teman-temannya menjajaki negeri Sakura, Jepang. Tak tanggung-tanggung, ia menghabiskan waktu di sana selama satu minggu. Di sana, ia mengitari banyak kawasan. Di antaranya, Tokyo, Kyoto, Kawaguchi, Gunung Fuji dan Osaka.

"Kalau tiket pesawatnya, untuk Pulang-Pergi (PP) Rp 3 juta. Justru yang mahal itu tiket kereta antar kota. Ke daerah tujuan tadi, totalnya Rp 3,5 juta," terang dia kepada Malang Post.

Setelah menelusuri berbagai tempat, saat itu, Raisya menyadari bahwa banyak sekali barang-barang di Jepang tidak dijual di Indonesia. Seperti brand kosmetik hingga series sepatu.

"Jadi di sana, ada beberapa sepatu yang tidak masuk ke Asia, bahkan Malaysia. Harganya murah dan duty free (bebas pajak). Seriesnya langka pula," jelas dia.

Kemudian, Raisya terpikir untuk upload sepatu tersebut ke Instagram Story, justru mendapatkan banyak respons. Teman-teman Raisya justru memesan sepatu tersebut.

"Setelah saya searching dan hitung-hitung, berapa persentase jasa titip (jastip). Akhirnya, langsung bhka jastip," papar dia sambil tertawa.

Sejak saat itu, Raisya berhasil membawa pulang 9 pasang sepatu, kosmetik dan beberapa makanan dari Jepang. "Ketika aku total, pendapatan waktu jastip justru bisa cover biaya makan aku selama di sana. Liburan itu nggak melulu habisin duit, justru bisa dapetin duit," ujar Raisya sambil terkekeh.

Menurutnya, selain mendapatkan uang, jastip bisa membuat dirinya lebih berhemat. "Saya tipe orang yang suka belanja. Setelah membiasakan buka jastip, justru ketika pulang nggak bawa oleh-oleh. Sudah cukup terpuaskan dengan belanja jastip itu," lanjut Raisya.

Karena mendapatkan pesanan yang cukup banyak, ketika hendak pulang ke Indonesia, ia sampai harus menambah bagasi. “Soalnya overload, nambah bagasi sekitar 50 kg gitu, join sama dua temen saya yang lain juga,” kata dia.

Selama perjalanan pulang, dengan membawa barang yang begitu banyak, Rasiya sempat merasa deg-degan. Sebab, ia takut justru akan dikenakan pajak. “Tapi, karena negara tersebut sudah menjamin duty free, pulangnya jadi aman. Meski begitu, biaya perjalanan ke Jepang juga tidak murah, meski beli oleh-olehnya serba mudah,” lanjut Raisya.

Selain ke negeri Sakura, Raisya juga sering menerima jastip ketika liburan ke negara lain. Seperti yang dilakukan ketika berkunjung ke Malaysia dan Singapura. “Biasanya, bawa makanan, kosmetik dan juga sepatu yang belum ada di Indonesia,” kata perempuan berambut sebahu ini.

Ketika berkunjung ke Malaysia belum lama ini, Raisya membawa kosmetik pesanan teman-temannya. Sebab, harganya lebih murah Rp 100 ribu sampai Rp 200 ribu. “Makanan di sana juga enak-enak, cocok di lidah. Untuk series sepatu, juga lebih lengkap, banyak yang nggak ada di Indonesia,” kata perempuan berzodiak libra ini.

Lagi-lagi, ketika membawa pulang menuju Indonesia, Raisya sempat merasa deg-degan. Sebab, barang yang dibawa pun cukup banyak dan bakal terkena pajak. “Setelah browsing, memang akan dikenakan pajak. Apalagi, saya bawa sepatu lebih dari tiga pasang. Akhirnya harus merelakan beberapa sepatu nggak pakai box,” lanjut Raisya.

Rasiya menambahkan, ketika membawa barang bawaan dari luar negeri, harus tetap mengikuti aturan yang ada. “Kalau negaranya sudah menentukan duty free, aman. Namun, kalau harus membayar pajak, ikuti saja aturan yang berlaku. Supaya liburan juga terasa nyaman dan aman,” tandas dia.(tea/ary)

  • Editor : ary
  • Uploader : abdi
  • Penulis : tea
  • Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Toyota GR Supra Resmi dilaunching

Biar Kuat Begadang, Sopir Truk Nyabu

Kades Ternyang Ditetapkan Tersangka Kasus Perzinahan

Ritual Perkawinan Joko dan Sri Gondel di Kawisari

Acak Nomor Peserta, Cegah Praktik Joki Sistemik

MPLS SMPK Sanmar 2 Ditutup Dengan Inaugurasi

Pisah dari Song Joong-ki, Hye-kyo Tinggal di Vila Mewah

Sukses dengan Thor: Ragnarok, Waititi Kembali Garap Thor 4